Legislator Riau Reses Berdayakan Kesenian Tradisional Daerah

id legislator riau, reses berdayakan, kesenian tradisional daerah

Legislator Riau Reses Berdayakan Kesenian Tradisional Daerah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator DPRD Riau dalam melakukan reses di daerah konstituennya menggunakan berbagai cara untuk menarik perhatian, termasuk salah satunya dengan memberdayakan kelompok-kelompok kesenian tradisional di daerahnya.

Salah satunya dilakukan oleh Anggota DPRD Riau Suhardiman Amby di Kuantan Singingi. Dia menggelar pesta rakyat dengan diisi penampilan kesenian tradisional diantaranya silat pedang, randai Kuantan, rarak godang, dan lainnya.

"Di penghujung reses nantinya pada Sabtu (2/5) malam, kita akan menggelar kegiatan panggung hiburan atau pesta rakyat. Pada saat itu akan ditampilkan kesenian-kesenian daerah," katanya dihubungi dari Pekanbaru, Jumat.

Menurutnya, semakin canggihnya peradaban juga makin membuat kebudayaan berangsur mengalami perubahan. Hal ini berdampak serius terhadap kebudayaan dan kesenian daerah yang mulai berangsung hilang.

Dia mengatakan bahwa pelastarian kebudayaan dan kesenian daerah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama. Namun demikian, pemerintahlah yang sebenarnya punya andil lebih besar untuk melakukan pemberdayaan.

"Sejauh ini kita lihat tidak ada pemberdayaan dari pemerintah setempat. Sehingga tradisi-tradisi lama tersebut berangsur hilang begitu saja," ungkapnya.

Ditambahkannya, seiring dengan mulai berangsurnya hilang tradisi lama itu, seniman lokal juga secara otomatis mulai berkurang jumlahnya. Sebab dan akibatnya membuat kelompok-kelompok kesenian banyak yang vakum, dan jarang melakukan kegiatan.

Oleh karena itu, kata dia, kesenian daerah perlu dihidupkan dan diaktifkan lagi di daerah Kuantan Singingi. Kelompok-kelompok kesenian harus kembali berkegiatan dan dikembangkan lagi sehingga para generasi bisa mendapatkan warisan yang seharusnya mereka dapatkan.

Suhardiman sendiri menyatakan dirinya bersama tokoh-tokoh di Kuantan Singingi akan berupaya menghidupkan kembali kesenian daerah dengan beragam cara sehingga menjadi kebiasaan kembali. Pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan pemerintah daerah, agar kesenian daerah diberikan perhatian yang serius.