Pemprov Tunggu Petunjuk Pembahasan Ulang APBD 2015

id pemprov tunggu, petunjuk pembahasan, ulang apbd 2015

Pemprov Tunggu Petunjuk Pembahasan Ulang APBD 2015

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemprov Riau menyatakan masih menunggu petunjuk dari Kementrian Keuangan dan Kementrian Dalam Negeri terkait pembahasan ulang APBD Riau tahun 2015.

"Belum ada lagi, kita juga masih menunggu. Apakah diulang atau bagaimana kita tunggu saja kepastiannya nanti," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, Zaini Ismail, kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (4/12).

Bahkan, Sekda telah mengintruksikan Kepala biro keuangan Setdaprov Riau untuk bertolak ke Jakarta dan mempertanyakan langsung persoalan tersebut ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). "Saya sudah suruh karo keuangan kesana (jakarta, red) untuk meminta petunjuk Mendagri soal itu," sebutnya.

Sementara mengenai wacana DPRD Riau untuk menggunakan hak interpelasi atas lambannya sikap Pemprob Riau yang tak kunjung menyerahkan draf hasil verifikasi APBD murni tahun 2015 ke DPRD Riau diakui Sekda dirinya sama sekali belum dengar soal itu.

"Kita tidak ada mendengar adanya sikap dari anggota DPRD yang menggunakan Hak Interpelasi dalam APBD Riau tahun 2015,"ujar Sekda, terangnya.

Sekedar informasi, Mendagri Tjahjo Kumolo menolak pengajuan revisi RAPBD Riau 2015. Meski demikian, Mendagri tetap memerintahkan jajarannya untuk mengembalikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Riau 2015 tersebut untuk dilakukan pencocokan data.

Mendagri menolak karena dalam permintaan revisi itu terdapat sejumlah anggaran yang nilainya bertambah dari yang telah disepakati bersama Gubernur dan DPRD Riau. Seperti untuk pembangunan jalan, dalam RAPBD yang diusulkan terdapat penambahan panjang jalan dan perubahan lokasi pembangunan. Mendagri juga meminta APBD Riau 2015 diteliti kembali dan dikonsultasikan dengan DPRD. Tjahjo menegaskan, dirinya akan menolak anggaran yang dinilai berpotensi terjadi adanya kecurangan. (Advertorial)