BKD Dumai: 3.107 Pelamar CPNS Lulus Administrasi

id bkd, dumai 3107, pelamar cpns, lulus administrasi

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Dumai, Riau, menyatakan sebanyak 3.107 peserta penerimaan calon pegawai negeri sipil lulus syarat administrasi dari total pelamar sebanyak 4.065 orang.

"Pelamar yang lolos tes administrasi diumumkan serentak pada Senin ini, dan bagi masyarakat yang ingin melihat bisa melihat hasilnya di sejumlah tempat atau media massa," kata Kepala BKD Dumai Sepranef Syamsir kepada pers, Senin.

Dia menjelaskan ribuan peserta calon pegawai pemerintahan lulus tes administrasi ini terbagi dalam tiga formasi, yaitu tenaga guru 141 orang, kesehatan 483 dan teknis 2.480 orang.

Pengumuman kelulusan ini disampaikan pihaknya melalui portal resmi, bkd.dumaikota.go.id, papan pengumuman BKD Dumai, PT Pos, kantor kecamatan dan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi setempat.

"Setelah dilakukan proses verifikasi terhadap 4.065 pelamar, dinyatakan sebanyak 958 berkas pemohon tidak lolos administrasi berdasarkan penilaian tim," sebutnya.

Pelamar gagal tes tersebut, lanjutnya, dinilai tidak memenuhi sejumlah indikator penilaian, diantaranya, KTP elektronik belum legalisir, pemilihan formasi salah, usia, kualifikasi pendidikan tak sesuai formasi serta nilai tidak memenuhi persyaratan.

"Kepada pelamar yang tidak lulus diminta agar tetap bersabar dan berbesar hati karena masih ada kesempatan untuk mengikuti tes CPNS ini di waktu mendatang," ungkapnya.

Dia menambahkan, bagi pelamar yang lulus diminta segera untuk mendaftar ulang pada Selasa (14/10) hingga Kamis (16/10) dengan cara mencari informasi lebih lanjut di sejumlah papan pengumuman dan website resmi.

Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar daftar ulang ini yaitu harus melampirkan foto copy KTP dan registrasi secara online, kemudian akan diberikan nomor peserta untuk mengikuti tes kompetensi dasar menggunakan sistem tes komputer (CAT).

"Peserta lulus diimbau agar mempersiapkan diri untuk mengikuti tes kompetensi dasar sistem komputer yang dijadwalkan di Pekanbaru, tapi masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat," terangnya.

Selain itu, diminta juga agar pelamar lebih giat belajar dan tidak mempercayai janji dari pihak tertentu karena pelaksanaan CPNS ini berlangsung mandiri, jujur, transparan serta bebas dari praktek kolusi dan nepotisme.

Diketahui, Dumai sebelumnya mengusulkan 1.001 kebutuhan pegawai ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk membantu pelaksanaan tugas pemerintah, namun hanya disetujui sebanyak 99 formasi.