Wartawan Tempo Diancam, AJI Kupang Segera Lapor Polisi

id wartawan tempo, diancam aji, kupang segera, lapor polisi

Wartawan Tempo Diancam, AJI Kupang Segera Lapor Polisi

Kupang, (Antarariau.com) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kupang segera melapor ke polisi terkait kasus ancaman Direktur Novanto Center Kupang Muhamad Ansor terhadap seorang Wartawan Tempo Kupang, Yohanes Seo.

"Kita sedang melakukan kajian hukum dan segera membuat laporan

polisi terhadap ancaman yang dilakukan Direktur Novanto Center Kupang Mohamad Ansor itu," kata Anggota Divisi Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kupang, Adrianus Rianghepat, Sabtu.

Adrianus mengatakan sikap AJI Kupang untuk melaporkan Muhamad Ansor terhadap ancaman yang dilontarkan kepada Wartawan Tempo Yohanes Seo itu sebagai bentuk perlindungan dan penegakan hukum terhadap kerja pers yang secara legal telah dilindungi undang-undang.

Karena itu, setiap pelanggaran terhadap undang-undang harus juga diselesaikan berdasarkan undang-undang yang ada, agar tercipta harmonisasi antarelemen di bangsa ini.

"Kita mau nyatakan ke publik bahwa jurnalis taat hukum, sehingga siapapun yang melakukan gesekan aturan harus bertanggung jawab," kata Adrianus.

Secara kelembagaan di internal AJI Kupang, koordinasi antara divisi maupun untuk sesama anggota lainnya sudah dilakukan, termasuk juga melakukan konsultasi dengan sejumlah pihak, untuk melakukan tindakan hukum terhadap persoalan ini.

Selain melakukan langkah hukum dengan akan melaporkan persoalan ini ke polisi, kata Adrianus, langkah advokasi juga akan dilakukan ke lembaga DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur karena Muhamad Ansor selaku terduga yang melakukan pengancaman menjadi salah satu anggota DPRD setempat.

Advokasi ke induk organisiasi di Partai Golkar, juga segera dilakukan, untuk memastikan sanksi yang akan diberikan partai beringin itu terhadap kadernya yang berlaku preman itu.

"Konsolidasi dengan seluruh jurnalis di Kota Kupang sedang dilakukan. Harap semua bisa rapatkan barisan untuk pergerakan ini," katanya.

Direktur Novanto Center Kupang Muhammad Ansor mengancam jurnalis Tempo yang bertugas di Kupang Nusa Tenggara Timur, karena diduga telah memelintir hasil wawancara yang djadikan berita untuk ditayang.

"Saya ditelepon oleh Muhamad Ansor dengan nada tinggi mengatakan akan mengumpulkan seluruh keluarganya dan mencari saya," kata Jurnalis Tempo, Yohanes Seo.

Novanto Center adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Setya Novanto pada 2009, saat pertama kali Ketua DPR RI terpilih itu menjadi calon anggota legislatif dari daerah pemilihan NTT-2 meliputi wilayah di Pulau Timor, Rote, Sabu Raijua dan Pulau Sumba.

Lembaga yang dikomandoi oleh Muhammad Ansor sebagai direktur itu, punya segudang kegiatan dan aktivitas, baik bersifat sosial, ekonomi dan kegiatan kemasyarakat lainnya.

Yohanes menceritakan sebelumnya melakukan wawancara bersama Muhamad Ansor yang adalah juga Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur periode 2014-2019 dari Fraksi Golkar itu, terkait sejumlah kegiatan Novanto Center milik Setya Novanto, serta sejumlah aset kekayaan milik Bendahara Golkar itu.

"Saya pun diberikan rincian sejumlah aset dan kegiatan yang dilakukan Novanto melalui lembaganya itu," kata Yohanes yang menuangkan tulisan dalam bentuk berita di bawah judul "Gurita Bisnis Setya Novanto di NTT" itu. (*)