Kelangkaan BBM Bisa Memicu Inflasi

id kelangkaan bbm, bisa memicu inflasi

Kelangkaan BBM Bisa Memicu Inflasi

Padang Panjang, Sumbar, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Reflis, mengemukakan kelangkaan bahan bakar minyak yang terjadi di daerah itu bisa memicu laju inflasi.

"BBM merupakan salah satu urat nadi dalam perdagangan, maka jika BBM tersebut langka, maka akan bisa menimbulkan kenaikan harga barang," kata Reflis di Padang Panjang, Rabu.

Kelangkaan BBM pada beberapa hari terakhir, menimbulkan banyak dampak negatif bagi perekonomian di Kota Padang Panjang dan sekitarnya, sehingga membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah mengenai kebijakan pengendalian BBM.

Jasa angkutan dalam perdagangan akan bisa menurun intensitasnya mengingat kelangkaan BBM yang terjadi di Sumbar saat ini.

"Para pemilik ngkutan juga akan menaikkan tarif angkutan secara sepihak terhadap pengguna jasanya, maka akan bisa berimbas terhadap harga-harga yang lain," katanya.

Menurunnya pasokan dari sejumlah pedagang distributor akan berdampak khusus terhadap stok barang yang ada di Kota Padang Panjang.

"Jika stok barang sudah menipis, maka harga akan bisa naik dengan sendirinya yang dilakukan oleh para pedagang, sehingga laju inflasi akan terjadi di Kota Padang Panjang ini," katanya.

Laju inflasi yang bisa berpotensi di daerah itu tidak diinginkan oleh pemerintah daerah, namun kondisi itu sepertinya tidak bisa dibendung kalau BBM tidak bisa normal seperti biasanya dalam waktu dekat ini.