Pilpres - Pemungutan Suara Di Dumai Berlangsung Aman

id pilpres, - pemungutan, suara di, dumai berlangsung aman

 Pilpres - Pemungutan Suara Di Dumai Berlangsung Aman

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Dumai menyatakan, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli lalu di daerah tersebut itu berlangsung aman, tertib, lancar dan situasinya kondusif.

"Kita bersyukur pelaksanaan Pilpres di Dumai berjalan lancar dan terkendali, tanpa ada gangguan keamanan yang berarti hampir di semua tempat pemungutan suara," kata Kapolres Kota Dumai AKBP Yudi Kurniawan kepada pers di Dumai, Jumat.

Menurutnya, situasi keamanan yang terkendali tersebut tidak terlepas dari dukungan dan kesadaran warga dalam menjaga lingkungan serta partisipasi aktif menggunakan hak pilih secara tertib dan damai.

Kondisi aman dan damai itu juga akan terus diupayakan hingga seluruh rangkaian tahapan Pilpres berlangsung baik saat penghitungan suara dan rekapitulasi suara hingga penetapan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum setempat.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengajak dan mengimbau kepada warga masyarakat di Dumai untuk terus menjaga situasi keamanan tetap kondusif dengan cara tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan bersabar menunggu penetapan hasil resmi oleh KPU.

"Mari kita ciptakan kondisi keamanan ini agar tetap kondusif dan damai, demi suksesnya pelenggaraan pemilu presiden tersebut," ucapnya.

Untuk mengamankan pelaksanaan Pilpres, lanjutnya, Polres Dumai menempatkan 360 personel yang bertugas mengawal pencoblosan pada 607 TPS, penghitungan rekapitulasi suara di kelurahan dan kecamatan hingga di KPU setempat.

Selain itu, personel Polisi juga ikut mengawal pendistribusian logistik keperluan Pilpres ke seluruh TPS dan menjaga gudang penyimpanan seluruh alat kelengkapan kepentingan pemilu ini.

"Personel polisi dibantu juga kekuatan dari satuan Brimob Polda Riau dan puluhan prajurit TNI yang disiapkan untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pilpres ini," sebutnya.

Pelaksanaan Pilpres juga dipastikan aman dan kondusif pada dua TPS yang mendapat pola pengamanan khusus yaitu TPS Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB dan daerah perbatasan Kota Dumai-Kabupaten Rokan Hilir, ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Darwis menyatakan, hasil resmi Pilpres akan diumumkan pada 16 Juli 2014. Karena itu, diminta kepada semua pihak untuk bersabar dan menahan diri demi terciptanya kondisi keamanan yang kondusif.

"Sesuai jadwal hasil resmi KPU akan diumumkan pada 16 Juli 2014 dan kini masih berlangsung rekap penghitungan perolehan suara di tingkat panitia kelurahan dan kecamatan," katanya.