Panwaslu Inhu Gelar Bimtek Bagi Panwascam

id panwaslu inhu, gelar bimtek, bagi panwascam

Panwaslu Inhu Gelar Bimtek Bagi Panwascam

Rengat, (Antarariau.com) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi dan bimbingan teknis bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilu Lapangan di Gedung Gerbangsari Rengat.

"Kegiatan itu diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada panitia agar dapat melaksanakan tugas pengawasan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan baik terutama pemungutan dan penghitungan suara di TPS," kata Ketua Panitia Pengawasa Pemilu Kabupaten Indragiri Hulu Masud di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara sangat krusial dalam setiap penyelenggaraan agenda politik tersebut, sehingga diperlukan pengawasan yang optimal untuk menghasilkan Pemilu yang jujur dan berkualitas.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komplit terkait proses pengawasan di lapangan sehingga agenda politik berjalan sesuai harapan. Karena tugaas yang diemban nantinya sangat berat dan langsung berhadapan dengan masyarakat, saksi dan lainnya yang perlu pengetahuan khusus.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para petugas sehingga pada hari pemilihan dan setelahnya nanti dapat berjalan dengan baik," sebutnya.

Dijelaskannya, untuk mengawal berlangsungan Pemilu Presiden 2014 ini pihaknya sudah meminta kepada seluruh Panwascam dan PPL agar memastikan seluruh tahapan dapat diawasi secara baik hingga pada saat bekerja tidak akan mendapatkan kesulitan.

"Jika ada hal yang terlihat melanggar aturan sebaiknya dilaporkan secara baik ke tingkat kabupaten sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kesalahpahaman," terangnya.

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 ini diharapkan dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan agenda politik, keberhasilan pengawasan akan menuntun proses penyelengaran Pemilu yang aman, rahasia dan jujur.

Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang berkualitas dan dapat mengangkat derajat bangsa ini dimatan dunia lebih tinggi.