BKD Pekanbaru Inspeksi Kehadiran PNS

id bkd pekanbaru, inspeksi kehadiran pns

BKD Pekanbaru Inspeksi Kehadiran PNS

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Kepegawaian Daerah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, selama Ramadan 1435 Hijriah melakukan inspeksi secara mendadak di berbagai satuan kerja perangkat daerah setempat untuk menilai tingkat kehadiran pegawai negeri sipil.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pekanbaru Azharisman Rozie di Pekanbaru, Senin, menjelaskan inspeksi untuk meningkatkan pelayanan publik, terutama selama Ramadhan 1435 Hijriah.

Saat pelaksanaan inspeksi, BKD dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja.

"Jadi tidak ada alasan karena ini Bulan Puasa tingkat kehadiran pegawai menurun. Sidak terkait dengan tingkat kehadiran pegawai negeri sipil ini merujuk pada pidato wali kota saat pelantikan yang meminta SKPD wajib menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS," katanya.

Ia mengatakan jika ditemukan ada ketidakhadiran dari pegawai negeri sipil di salah satu dinas, BKD tidak akan menegur pegawai negeri tersebut, namun akan menegur kepala SKPD-nya, sejauh mana telah melakukan pembinaan pada anggotanya.

"Kehadiran PNS juga mencerminkan kinerja kepala SKPD tersebut," katanya.

Berdasarkan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, katanya, pihak yang membina disiplin dan yang memberikan hukuman berjenjang adalah pejabat eselon IV.

Ia mengatakan pada Senin yang merupakan hari pertama kerja saat Ramadhan 1435 Hijriah, tingkat kehadiran pegawai negeri sipil di lingkungan SKPD Kota Pekanbaru mencapai 90 persen lebih, yang datanya didapat BKD dengan bantuan pantauan Satpol PP.

"Satpol PP yang kita turunkan tidak banyak sekitar dua atau tiga anggota saja" tegas Rozie yang juga Pelaksana Tugas Kepala Badan Satpol PP Kota Pekanbaru.

Inspeksi kehadiran PNS di Pemerintah Kota Pekanbaru tidak hanya dilakukan saat hari pertama kerja, usai Idul Fitri, akan tetapi juga saat awal Ramadhan.

Apalagi, katanya, bertepatan dengan Bulan Puasa, juga berlangsung Piala Dunia 2014, yang sebagian besar pertandingan digelar mulai malam, dinihari, dan bahkan hingga usai subuh.

Terkait dengan adanya Piala Dunia, katanya, tidak memengaruhi tingkat kehadiran PNS dan kinerja mereka.