Penerimaan CPNS Pemko Pekanbaru 2018, BKD: Kuotanya Melebihi Formasi 2017

id penerimaan cpns, pemko pekanbaru, 2018 bkd, kuotanya melebihi, formasi 2017

Penerimaan CPNS Pemko Pekanbaru 2018, BKD: Kuotanya Melebihi Formasi 2017

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) tengah menggesa proses "entry" formasi penerimaan CPNS 2018 yang ditargetkan dapat selesai pada akhir Januari ini.

"Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), rincian peta jabatan, dan kebutuhan aparatur sipil negara harus ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi pemerintah," Kata Plt Kepala BPK SDM Kota Pekanbaru Masriyah di Pekanbaru, Selasa.

Saat ini pihaknya tengah melakukan analisa jabatan terkait kebutuhan pegawai di setiap OPD. Masriyah menjelaskan bahwa dalam surat yang diterimanya pada 13 Desember 2017 tersebut Menpan menugaskan kepada PPK pusat dan daerah untuk melakukan validasi ulang terhadap kebutuhan pegawai (usulan formasi).

Sebagai informasi, untuk 2017 Pemko Pekanbaru membutuhkan 2.483 ASN yang terdiri atas 1.211 orang tenaga pendidik, 589 orang tenaga kesehatan, dan 683 orang tenaga infrastruktur. Sedangkan untuk tahun 2018 pihak Pemerintah Kota Pekanbaru merencanakan akan menganggarkan kuota formasi CPNS melebihi 2017.

"Kita upayakan adanya peningkatan kuota untuk formasi CPNS," ucapnya.

Masriyah menambahkan bahwa Menpan mengharapkan agar usulan formasi yang diinput tersebut dapat menggambarkan kebutuhan PNS di daerah untuk 2018. Hal ini berkenaan dengan berbagai program yang saat ini tengah dijalankan sehingga nantinya berbagai kegiatan serta rencana OPD dapat berjalan lancar.

Terkait hal tersebut, ia mengaku bahwa hasil sementara analisa jabatan menunjukkan bahwa Pekanbaru membutuhkan formasi untuk jabatan fungsional dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti dari suatu instansi.

Dalam hal ini ia mencontohkan seperti tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang dinilai berkaitan langsung dengan masyarakat.

"Kita harapkan agar proses analisa jabatan dan usulan formasi dapat segera selesai dan disetujui pemerintah pusat," pungkasnya