Polsek Kawasan Pelabuhan Pekanbaru gencarkan pesan pilkada damai hingga ke Sungai Siak

id Polresta Pekanbaru

Polsek Kawasan Pelabuhan Pekanbaru gencarkan pesan pilkada damai hingga ke Sungai Siak

Polsek Kawasan Pelabuhan Pekanbaru saat memberikan imbauan kepada masyarakat terkait Pilkada damai (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Menjelang Pilkada 2024, Polsek Kawasan Pelabuhan Polresta Pekanbaru terus menggencarkan pesan damai untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Selasa.

Pesan tersebut disampaikan para personel hingga ke pinggiran Sungai Siak, Kota Pekanbaru, guna memastikan suasana tetap kondusif di wilayah tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah kunjungan lapangan oleh Kanit Propam Aiptu M. Herryan, dan Kanit Samapta Aiptu Jon yang menyasar hampir semua tempat perkumpulan masyarakat di sekitar Pelabuhan Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan cooling system yang menekankan pentingnya menjaga persatuan, keamanan, dan kenyamanan selama berlangsungnya tahapan Pilkada.

"Pesan cooling system ini penting agar masyarakat tidak terpecah belah oleh isu-isu negatif yang berkembang selama tahapan Pilkada. Kami juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya, terutama yang beredar di media sosial dan media online," ujar Aiptu Jon.

Langkah ini juga sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi konflik yang dapat terjadi di tengah masyarakat. Polisi berharap pesan ini mampu mendorong masyarakat untuk menjaga persatuan dan menghindari perpecahan karena perbedaan pilihan politik.

"Hampir di setiap kesempatan, baik di Pelabuhan maupun di sekitar wilayahnya, kami sampaikan pesan ini. Persatuan lebih penting daripada bermusuhan hanya karena berbeda pilihan di Pilkada," sebutnya.

Tambah Aiptu Jon, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk berhenti membaca dan menyebarkan berita hoaks yang dapat memecah belah kesatuan.