Polresta Pekanbaru ajak warga jaga stabilitas keamanan jelang pilkada

id Polresta Pekanbaru

Polresta Pekanbaru ajak warga jaga stabilitas keamanan jelang pilkada

Personel Binmas Polresta Pekanbaru saat menyampaikan pesan pilkada damai. (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Guna memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 berjalan aman, damai, dan kondusif, Polresta Pekanbaru melalui Satuan Binmas (Sat Binmas) melaksanakan kegiatan edukasi, sosialisasi, dan coolingsystem pada Minggu pagi (6/10) di beberapa lokasi strategis, antara lain Jalan Hang Tuah, Jalan Harapan Raya, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Kegiatan ini difokuskan pada penyuluhan dan pemberian informasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama tahapan pilkada berlangsung.

Edukasi yang diberikan meliputi pentingnya menjaga hubungan harmonis antarwarga meski berbeda pilihan politik, menghindari perselisihan, serta memastikan masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Kasat BinmasPolresta Pekanbaru Kompol Lassarus Sinaga mengatakan pihaknya berharap masyarakat di Pekanbaru dapat berpartisipasi aktif dalam pilkada dengan tetap menjaga persatuan dan keamanan.

"Kami juga menekankan agar seluruh warga datang ke TPS dan memberikan suara yang akan menentukan masa depan Riau, khususnya Kota Pekanbaru," sebutnya.

Baca juga: Polsek Bukit Raya ajak warga jaga kambtibmas jelang pilkada

Beberapa poin utama yang disampaikan kepada masyarakat dalam kegiatan ini antara lain ajakan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama tahapan pilkada, mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan hak suara di TPS, serta mengingatkan pentingnya hak suara yang dimiliki untuk mendukung pembangunan di daerah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat sebagai upaya menjalin kemitraan yang erat dan memperkuat kepercayaan publik.

"Kehadiran Polri yang aktif diharapkan mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat sehingga situasi Kamtibmas yang kondusif tetap terpelihara di wilayah hukum Polresta Pekanbaru," harap Kompol Lassarus.

Masyarakat Pekanbaru pun menyambut baik kegiatan ini, mengapresiasi inisiatif Polri dalam menjaga stabilitas sosial dan memberikan informasi yang jelas terkait pilkada. Selama kegiatan berlangsung, suasana tetap tertib, lancar, dan kondusif.

Baca juga: Samapta Polresta Pekanbaru ajak penumpang dan juru mudi jaga kedamaian saat pilkada

Baca juga: Cegah pelanggaran dan jaga kamtibmas jelang Pilkada 2024, ini langkah Satlantas Polresta Pekanbaru