HUT Ke-79 TNI, Ketua DPR Puan Maharani ingatkan prajurit selalu dekat dengan rakyat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Puan Maharani

HUT Ke-79 TNI, Ketua DPR Puan Maharani ingatkan prajurit selalu dekat dengan rakyat

Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah) duduk berdampingan dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani (kanan) dan Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin (kiri) saat puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (ANTARA/HO-Puspen TNI.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan prajurit TNI untuk selalu dekat dengan rakyat sebagaimana pesan yang dia sampaikan dalam Bahasa Jawa “Ojo Pedhot Oyot” yang berarti jangan lupa terhadap akar, yaitu rakyat.

Puan, saat menghadiri puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu, juga berterima kasih kepada para prajurit atas pengabdian mereka terhadap bangsa dan negara.

“Selamat memperingati HUT Ke-79 bagi seluruh prajurit TNI. Terima kasih atas pengabdiannya bagi bangsa dan negara,” kata Puan Maharani.

Di Mimbar Kehormatan, Puan duduk berdekatan dengan Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin. Puan, sebagaimana disiarkan langsung di layar videotron yang terpasang di panggung seberang mimbar, terlihat mengikuti seluruh rangkaian peringatan HUT Ke-79 TNI di Monas, yang diawali dengan upacara, kemudian diikuti dengan aksi unjuk kemampuan prajurit, defile pasukan, dan parade alutsista.

Dalam puncak peringatan HUT Ke-79 TNI, Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung upacara sebagai inspektur upacara. Dalam rombongan pejabat negara yang hadir, ada juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Pertahanan/Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Upacara, yang berlangsung selama 45 menit itu, kemudian ditutup dengan penyerahan tanda kehormatan kepada sejumlah perwira TNI dan satuan TNI.

Rangkaian acara kemudian diisi dengan demonstrasi kemampuan prajurit TNI yang mencakup terjun payung (free fall) dari pasukan gabungan tiga matra TNI, aksi mendaki serbu di tugu Monumen Nasional, dan unjuk kemampuan bela diri militer serta pertarungan menggunakan perangkat drone dan anti-drone.

Kemudian, di langit Monumen Nasional, penerbang aerobatik TNI Angkatan Udara dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) menampilkan manuver-manuver di ketinggian yang cukup rendah. Aksi itu diikuti dengan parade (defile) pasukan TNI dan pawai alutsista di Lapangan Silang Monas.

Dalam rangkaian yang sama, penerbang tempur F16 dan Sukhoi TNI AU juga unjuk kemampuan bertempur di udara (dogfight).

Rangkaian perayaan HUT Ke-79 TNI itu ditutup dengan panggung rakyat yang menampilkan sejumlah musisi mulai dari Ari Lasso, Slank, Dewa, NDX/Aka.

Baca juga: Politik kemarin, anggota dewan dilantik sampai Puan Maharani ketua DPR

Baca juga: Ditanya kemungkinan jadi Ketua DPR lagi, Puan Maharani: Pelantikan dulu saja