Menlu Retno Marsudi titipkan isu Palestina ke Komisi I DPR saat sampaikan perpisahan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Palestina

Menlu Retno Marsudi titipkan isu Palestina ke Komisi I DPR saat sampaikan perpisahan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (12/9/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menitipkan isu kemerdekaan bangsa Palestina ke Komisi I DPR RI saat menyampaikan perpisahan di ujung masa jabatannya dalam rapat kerja/rapat dengar pendapat di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis.

Menlu berharap Indonesia terus mendampingi perjuangan bangsa Palestina yang kini mengalami konflik kemanusiaan dengan Israel. Dalam isu tersebut, Indonesia sangat dihormati internasional.

"Karena konsistensi kita untuk membela keadilan dan kemanusiaan, terutama untuk masalah Palestina," kata Retno usai menghadiri rapat.

Menurut dia, Indonesia perlu terus mendampingi Palestina karena konflik yang terjadi mengenai masalah keadilan dan kemanusiaan. Maka, jangan sampai Indonesia meninggalkan bangsa Palestina sendirian.

"Jangan tinggalkan bangsa Palestina sendirian di tengah hak-hak mereka dirampas," kata dia.

Sejauh ini, menurut dia, Pemerintah dan DPR RI sudah saling memperkuat dan saling mendukung bagi kejayaan Indonesia di mata internasional. Dia pun mengaku terhormat telah duduk sebagai kapten diplomasi Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Walaupun akan segera selesai, dia akan sebisa mungkin terus berkontribusi untuk Indonesia. Untuk itu, dia yakin anggota Komisi I DPR RI akan terus berkontribusi.

Saat ini sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo ramai-ramai menyampaikan perpisahan ketika rapat kerja bersama DPR RI di komisi mitranya masing-masing.

Kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019—2024 akan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2024 bersamaan dengan pelantikan pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

Baca juga: Presiden Jokowi bicarakan tentang perdamaian Palestina dengan Paus Fransiskus

Baca juga: Utusan khusus PBB kecam jumlah kematian 'mengerikan' warga sipil Palestina