Presiden Jokowi resmikan Tol Stabat--Tanjung Pura karya HKI

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, HK

Presiden Jokowi resmikan Tol Stabat--Tanjung Pura karya HKI

Jalan Tol Stabat–Tanjung Pura karya HKI. (ANTARA/HO-HKI)

Pekanbaru (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan segmen Stabat-Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 25 km pada hari Selasa (10/9). Jokowi meresmikan Tol Stabat-Tanjung Pura sekaligus Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak, yang dilakukan secara serentak di Gerbang Tol Sinaksak, Sumatra Utara.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Joko Widodo dan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan. Turut hadir Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi

Harto, Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin, Direktur Utama PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Aji Prasetyanti, dan Direktur Operasi I HKI Fatma Dewi Setyowati.

HKI mulai mengerjakan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan sejak tahun 2020. Tol Stabat – Kuala Bingai - Tanjung Pura merupakan lanjutan Jalan Tol Binjai – Stabat (12,5 km) yang telah dioperasikan pada tahun 2022. Jalan Tol Stabat – Kuala Bingai (7 km) telah diselesaikan oleh HKI dan dioperasikan sejak Oktober 2023, sementara Jalan Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura (18 km) dioperasikan sejak Januari 2024 lalu.

Saat ini, HKI tengah menyelesaikan segmen tol selanjutnya, yakni Tol Tanjung Pura – Pangkalan Brandan sepanjang 19,5 km. Hingga Bulan Agustus 2024, progres penyelesaian segmen Tanjung Pura – Pangkalan Brandan sudah mencapai 98,13% dengan menyisakan pekerjaan minor.

“Jika Tol Tanjung Pura – Pangkalan Brandan sudah selesai dibangun sepenuhnya, maka masyarakat bisa menempuh perjalanan dari Medan hingga Pangkalan Brandan melalui Jalan Tol Medan – Binjai dan Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan tanpa terputus,” ujar Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti.

Pada tol Binjai – Pangkalan Brandan, terdapat empat gerbang tol (GT) yang diantaranya GT Stabat, GT Kwala Bingai, GT Tanjungpura, dan GT Pangkalan Brandan. Tidak hanya membangun main road, HKI juga membangun rest area pada Tol Binjai – Pangkalan Brandan. Rest area ini terletak tidak jauh dari ikon utama Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan yaitu Jembatan Sei Wampu yaitu jembatan rangka baja menerus terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang memiliki total panjang bentang 231 meter, dengan main span sepanjang 130 meter tanpa pilar di tengahnya.

“Sebagai kontraktor utama Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan, HKI berkomitmen memberikan hasil terbaik dengan kualitas yang maksimal. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar pembangunan segmen Tanjung Pura – Pangkalan Brandan ini bisa segera kami selesaikan dengan baik,” tutup Aji.

Sebagai informasi, hingga saat ini HKI telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±336,7 km. Adapun ruas tol lainnya yang masih dalam proses konstruksi yaitu Tol Padang – Sicincin (37 km), Tol Lingkar Pekanbaru (30,57 km) dan Junction Palembang (8,26 km), Betung-Jambi Seksi I (30,8 km) dan Betung-Jambi Seksi IVA (18,5 Km). HKI juga tengah

membangun rest area JTTS lainnya yakni Rest Area Medan – Binjai.

Untuk proyek non-JTTS, HKI juga tengah mengerjakan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II (11,2 km), dan Tol

Jakarta – Cikampek Selatan II Paket IIA (11,3 km).

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) adalah anak usaha dari BUMN PT Hutama Karya (Persero). HKI bergerak di bidang jasa konstruksi khususnya jalan dan jembatan. Saat ini HKI telah menyelesaikan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan infrastruktur lainnya di Pulau Jawa dan Sumatra.