Mahasiswa KKN Unri gelar praktikum kimia di SMAN 1 Pasir Penyu

id Kkn unri, unri, sma pasir penyu

Mahasiswa KKN Unri gelar praktikum kimia di SMAN 1 Pasir Penyu

Suasana praktikum kimia di SMAN 1 Pasir Penyu, Inhu. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Pendidikan Kimia Universitas Riau yang tergabung dalam kelompok KKN Kembang Harum telah melaksanakan program kerja inovatif di SMAN 1 Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa, (30/7).

Program ini bertujuan untuk mengkonversi mata kuliah Praktikum Kimia Sekolah. Adapun praktikum yang dilaksanakan bertema “Cara Memisahkan Gas Hidrogen dan Oksigen dari Air Melalui Percobaan Elektrolisis Air.”

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kimia melalui eksperimen langsung.

Dalam percobaan tersebut mahasiswa KKN mendemonstrasikan dan memberikan penjelasan tentang konsep elektrolisis. Elektrolisis air adalah proses pemecahan air (H2O) menjadi gas hidrogen (H2) dan oksigen (O2) dengan menggunakan arus listrik. Dalam praktikum ini menggunakan perangkat elektrolisis sederhana yang terdiri dari dua elektroda (anoda dan katoda) yang direndam dalam larutan elektrolit, dalam praktikum ini digunakan NaCl yang merupakan larutan elektrolit kuat.

Ketua KKN Kelurahan Kembang Harum Gunawan Limbong menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan praktis yang dapat membantu mereka memahami materi pelajaran dengan lebih baik. “Kami berharap dengan adanya praktikum ini, siswa dapat lebih memahami konsep elektrolisis dan tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang kimia,” katanya.

Sementara Guru SMAN 1 Pasir Penyu Susi Respati Setyorini menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dan menarik dan interaktif.

Harapannya kegiatan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep elektrolisis dan tertarik untuk mempelajari lebih dalam memahami konsep sains terutama materi elektrokimia dengan lebih baik.

Praktikum ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga melatih keterampilan laboratorium siswa dalam melakukan eksperimen dengan presisi. Hal ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKN untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi kimia yang sebagian siswa menganggap kimia itu sulit. Selain itu, juga untuk mengembangkan pengetahuan siswa bahwa kimia itu sangat dekat dengan kita dan banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa-siswi yang terlibat dalam program ini merasa antusias dan termotivasi untuk mendalami lebih lanjut aplikasi elektrokimia dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu siswa, Airin Amelia mengatakan pembelajaran yang diberikan kakak KKN sangat menarik dan seru, serta menambah pengalaman baru seperti tidak hanya mendengar materi saja tapi bisa melihat eksperimennya secara langsung. "Selain itu, kami juga menjadi tahu bagaimana cara memisahkan hidrogen dan oksigen dari air.”

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN Kembang Harum berharap dapat memberikan dampak positif bagi pendidik di SMAN 1 Pasir Penyu, serta menginspirasi siswa untuk terus mengeksplorasi ilmu pengetahuan.