Terbanyak di Riau, 1.299 mahasiswa Unri KKN di Siak

id Mahasiswa universitas Riau,Kkn unri, kkn siak

Terbanyak di Riau, 1.299 mahasiswa Unri KKN di Siak

Pemkab Siak ketika menerima kedatangan mahasiswa UNRI yang akan melakukan KKN. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak, Riau, (ANTARA) - Sebanyak 1.299 Mahasiswa Universitas Riau (Unri) melakukan program kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Siak yang ditempatkan pada 131 kampung/desa dan kelurahan daerah setempat.

Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Sri Indartidi Siak, Senin mengatakan Kabupaten Siak paling banyak menerima mahasiswa KKN dari Unri.

“Atas nama pimpinan Unri kami mengucapkan terima kasih, apresiasi atas dukungan dari Pemkab Siak, yang menerima mahasiswa kami untuk KKN di Kabupaten Siak karena paling banyak menerima mahasiswa kami,” katanya.

Ia menjelaskan ada dua gelombang untuk KKN saat ini. Pertama pada pertengahan Juli sampai akhir Agustus yang disebutKKN Reguler. KKN Reguler saat ini diikuti seribu lebih mahasiswa.

Kemudian nanti di Agustus-Desember yakni KKN non reguler selama empat bulan sebanyak 299 orang. Ini pertama kalinya juga Kabupaten Siak menerima KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program KementerianPendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi.

“Yang membedakan dengan KKN regular sekarang, waktunya lebih lama yaitu empat bulan. Mahasiswa yang turun di Kabupaten Siak ini nantinya sebanyak 299 orang. Silahkan Kabupaten Siak berkolaborasi dengan adik-adik mahasiswa,” tuturnya.

Bupati Siak Alfedri saat menerima kedatangan rombongan Rektor Universitas Riau dan mahasiswa mengucapkan terima kasih dan apresiasi. Karena turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam program percepatan pembangunan melalui kegiatan penyuluhan, pengajaran, pendampingan, interaksi dan komunikasi di Kabupaten Siak.

“Di tempat KKN kalian nantinya bisa memberikan referensi, masukan, saran terutama dari sisi pelayanan publik kepada penghulu atau perangkat kampung di tempat kalian mengabdi,” kata Alfedri.

Pada kesempatan itu, Alfedri juga menyampaikan potensi Kabupaten Siak mulai dari pariwisata, alam, sejarah dan destinasi pendukung. Selain itu Siak juga memiliki potensi perkebunan, seperti perkebunan kelapa sawit, nenas, Usaha Mikro KecilMenengah, peternakan dan perikanan.

“Saat ini, kami tengah mendorong 1.200 UMKM agar bangkit dan maju, namun ada permasalahan yaitu pemasaran. Nanti adik-adik jurusan manajemen atau akuntansi, bisa membantu terkait bagaimana pemasarannya UMKM ini,” terangnya.