Tim Pelaksana KKN Jurusan Hubungan Internasional Unri sosialisasi cegah bullying di Bengkalis

id hubungan internasional, bullying,unri

Tim Pelaksana KKN Jurusan Hubungan Internasional Unri sosialisasi cegah bullying di Bengkalis

Peserta sosialisasi berfoto bersama usai kegiatan. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Tim Pelaksana KKN MBKM Konversi 10 SKS Jurusan Hubungan Internasional melakukan edukasi terkait pencegahan bullying (perundungan) di Tingkat sekolah dasar, tepatnya di SDN 12 Lubuk Garam, Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Rabu (21/8) dengan Tema Kukerta MBKM FISIP Membangun Kampung.

"Bullying merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara berulang dan dengan sengaja untuk tujuan menyakiti. Namun, saat ini banyak anak-anak yang menilainya sebagai gurauan dan tidak memahami dampaknya baik pada korban maupun pelaku bullying. Oleh sebab itu, kami mengadakan kegiatan ini dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bullying," kata Dosen Pembimbing Lapangan Kukerta MBKM FISIP Membangun Kampung yang merupakan Ketua Jurusan Hubungan Internasional Universitas Riau DrYusnarida Eka NizmiS.IP, M.Si di Desa Lubuk Garam.

Ia berharap semua pihak dapat bekerjasama dan saling mendukung dalam upaya mencegah dan mengatasi terjadinya perundungan. "Saya berharap semua pihak, baik dari sesama teman anak-anak, guru dan orang tua untuk tidak menganggap bullying merupakan tindakan gurauan, sebab dampaknya sangat tidak baik, jangan sampai anak-anak berangkat sekolah dalam keadaan tidak bahagia, sedih atau bahkan mempunyai keinginan untuk berhenti sekolah,” jelasnya.

Ia juga berharap pihak guru, orang tua dapat bergerak bersama untuk meniadakan perundungan. "Mari kita bersama-sama meniadakan bullying, sebab bisa jadi anak kita jadi korban atau pelaku. Mari menyediakan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman bagi anak-anak," ucapnya.

Sementara Kepala SDN 12 Siak Kecil menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan edukasi ini berjumlah 130 orang. "Kami sangat senang diadakannya kegiatan edukasi ini, semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi kita semua," katanya.