Pedagang miniatur jalur panen selama festival di Kuansing

id Teluk Kuantan,Festival pacu jalur

Pedagang miniatur jalur panen selama festival di Kuansing

Pedagang miniatur jalur sedang bertransaksi dengan pembeli. (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Sejumlah pedagang di Kuantan Singingi meraih keuntungan selama pergelaran festival pacu jalur tradisional di Kota Teluk Kuantan pada 21-25 Agustus 2024.

Salah satu pedagang miniatur jalur mini, Ani di Tepian Narosa, Kuansing mengatakan, setiap hari ada lebih dari puluhan miniatur jalur terjual.

"Telah terjual sekitar 100 miniatur jalur ukuran besar, dengan harga bervariasi," katanya, Jumat.

Harga satu miniatur jalur berkisar antara Rp20 - Rp40 ribu, tergantung ukuran dan motifnya. Rata-rata pembeli lebih menyukai motif warna warni.

Miniatur itu asli buatan tangan sendiri pedagang, sebagai usaha kecil yang menjanjikan keuntungan pada musim festival pacu jalur tradisional di Kuansing.

Dan, ternyata usaha miniatur itu menjadi kebanggaanpengrajin untuk mendapatkan keuntungan berkisar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu setiap hari.

Sebagai pengrajin, Ani justru bangga dengan hasil karyanya yang terjual pada masa festival seni di pusat Kota Teluk Kuantan, tepatnya di dekat Tepian Narosa.

"Untungnya dapat menambah penghasilan keluarga. Saya bangga atas adanya festival rakyat yang berdampak positif bagi warga," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya festival ini sangat menguntungkan masyarakat Kuansing. Pesta rakyat akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi khususnya pelaku usaha kecil.

Pedagang miniatur jalur lainnya, Yandra (56) saat ditanya mengenai peluang usaha miniatur di Kuansing, menyebutkan bahwa usaha kecil berbentuk miniatur jalur sangat potensial.

Menurutnya, wisatawan yang hadir di Kuansingdan menyaksikan festival pacu jalur dapat dipastikan ingin membawa oleh-oleh berupa miniatur jalur.

"Jadi, ini adalah peluang pedagang kecil.seperti saya sendiri menjual dengan harga Rp50 ribu- Rp200 ribu setiap unitnya," sebutnya.

Miniatur itu panjangnya 50-100 centimeter dengan variasi warna yang menimbulkandaya sehingga terlihat sangat indah nan menarik.

Pada kesempatan lain, salah satu pembeli miniatur jalur, Yanamengaku sangat suka dengan koleksi miniatur jalur yang dimilikinya.

Pada FPJ 2024 kali ini, ia membeli beberapa buah jalur hasil karya warga Kuansing.