PT RAPP bantu Rp350 juta dukung festival pacu jalur tradisional

id Teluk Kuantan,Kuansing,rapp,festival pacu jalur

PT RAPP bantu Rp350 juta dukung festival pacu jalur tradisional

Perwakilan PT RAPP saat penyerahan bantuan kepada panitia Festival Pacu Jalur 2024. (ANTARA/Asri)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Kuantan Singingi Azhar Ali mengatakan PTRiau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyerahkan bantuan senilai Rp350 juta sebagai bentuk dukungan dan mensukseskan Festival Pacu Jalur 2024 di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan.

"Alhamdulillah, bantuan perubahan sebagai wujud kepedulian pelestarian seni budaya Kuansing," katanya di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, atas kepedulian dan peran aktif PT RAPP, pihaknya memberikan apresiasi tinggi.Bantuan itu akan mendorong pihak lain untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan festival seni budaya di Kuansing.

Sementara, Ketua Panitia Festival Pacu Jalur Tradisonal 2024, Andi Cahyadi menyebutkan, bantuan pihak perusahaan terutama PT RAPP adalah bentuk komitmen kemitraan dengan pemerintah serta masyarakat di wilayah operasional.

"Terima kasih atas peran aktif PT RAPP, mari bersama mensukseskan festival seni budaya daerah," ajaknya.

Sementara, Manajemen PTRAPPdiwakili oleh SHR Manager PT RAPP Raja Elwan Jumanri menyerahkan bantuan untuk pacu jalur 2024 kepada Ketua Umum Pacu Jalur Andi Cahyadi didampingi Kadis Budpar Azhar, di Gedung Narosa, Rabu (14/8).

Proses penyerahan bantuan itu, SHR Manager PT RAPP Raja Elwan Jumanri didampingi Corporate Communications Head RAPP Aji Wihardandi serta perwakilan dan staf RAPP Pangkalan Kerinci dan Estate se-Kabupaten Kuansing.

"PTRAPP-AprilGroup berpartisipasi mensukseskan program pariwisata nasional khas Kuansing," katanya.

Bantuan dari PTRAPPsenilai Rp350 juta diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui panitia pelaksana. Namun, secara keseluruhan bantuan dikalkulasikan mencapai Rp500 juta termasuk dari ajang kecamatan.

Bahkan, selain bantuan biaya pelaksanaan Pacu Jalur 2024, manajemen PT RAPP juga mensponsori empat buah jalur di Kuansing.

Empat buah jalur itu adalah, Jalur Rajo Bujang RAPP Desa Padang Tangguang Pangean, Jalur Tuah Alam Kaswira Nondri RAPP Sikakak Cerenti.

Jalur Juragan Kuantan RAPP Seberang Gunung Gunung Toar dan Jalur Rajo Duyung 89 RAPP Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar.

Salah satu yang menjadi alasan manajemen mensponsori Jalur Rajo Duyung adalah karena usia jalur yang sudah 35 tahun masih baik dan bisa ikut berpacu.

Semangat masyarakat yang merawat jalur mereka dan tetap ikut berpacu meski kayu yang dipacukan itu sudah mencapai 35 tahun harus di apresiasi.

Salah satu warga Kuansing, Jonimengatakan, dukungan PT RAPP bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung suksesnya pelestarian seni budaya.

Terlebih, festival pacu jalur tradisional sudah nasional, menjadi salah satu agenda pariwisata Riau. Festival itu sudah mendunia harus mendapat dukungan semua pihak, agar lebih optimal.