Mahasiswa 8 kampus ikuti Pajak Bertutur 2024 Kanwil DJP Riau

id Pajak bertutur, djp riau, pajak riau

Mahasiswa 8 kampus ikuti Pajak Bertutur 2024 Kanwil DJP Riau

Peserta kegiatan Pajak Bertutur 2024 di Kampus PCR, Rabu (7/8/2024). (ANTARA/HO-DJP Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Riau menggelar Pajak Bertutur Tahun 2024 yang diikuti secara luring sekitar 110 mahasiswa dari 8 perguruan tinggi mitra KanwilnDJP Riau di Kota Pekanbaru seperti STIE Persada Bunda, UIN Sultan Syarif Kasim, Unilak, Universitas Riau, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, dan Politeknik Caltex Riau di Auditorium Politeknik Caltex Riau (PCR), Rabu (7/8).

Pajak Bertutur 2024 tersebut mengusung tema “Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas.” Pajak Bertutur sebagai salah satu bentuk kegiatan inklusi perpajakan bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya peran pajak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya dalam menunjang perekonomian negara dalam diri mahasiswa yang nantinya akan menjadi generasi emas Indonesia di 20 tahun mendatang.

Acara tersebut dibuka Pelaksana Harian Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah DJP Riau Eko Budihartono dan dilanjutkan dengan sambutan Wakil Direktur Politeknik Caltex Riau Maksum Rois Adin Saf.

Dalam kesempatan itu, Eko Budihartono mengatakan pajak sebagai tulang punggung penerimaan negara merupakan sesuatu yang sangat vital. Oleh karena itu, seluruh mahasiswa yang hadir di acara itu akan menjadi pilar-pilar penopang perekonomian negara yang senantiasa melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan benar.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah DJP Riau Ardiyanto Basuki dalam pemaparan materinya mengatakan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah misi bersama.

"Adik-adik dan teman-teman yang hadir di sini nantinya adalah pelaku-pelaku ekonomi yang mendorong pembangunan bangsa," ucap Ardiyanto.

Pembangunan tersebut tentunya akan membutuhkan fondasi APBN yang kokoh. Dan bila diperhatikan, pajak mengambil bagian terbesar dalam struktur APBN sampai dengan tahun 2024.

"Oleh karena itu, adik-adik dan teman-teman sekalian harus melaksanakan kewajiban perpajakan dengan benar demi mewujudkan pembangunan Indonesia yang optimal,” sebutnya.

Pajak Bertutur 2024 merupakan salah satu upaya edukasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk mendukung edukasi perpajakan melalui pihak ketiga dalam meningkatkan kepatuhan perpajakan sukarela di masyarakat.

Acara itu diakhiri dengan pemberian Edu Tax Award dan berbagai penghargaan lainnya kepada Perguruan Tinggi yang telah terlibat dan bekerjasama dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan Pajak Bertutur 2024 di Provinsi Riau.

Dalam kegiatan itu juga diselingi dengan berbagai permainan dan beragam hadiah menarik untuk peserta yang aktif.

*Teddy Ferdiansyah P