Polda Riau musnahkan berbagai jenis narkoba asal Malaysia

id Polda Riau,Narkoba riau

Polda Riau musnahkan berbagai jenis narkoba asal Malaysia

Pemusnahan barang bukti 25 kilogram sabu, 34.250 butir pil ekstasi, 3 kilogram ganja dan 70 butir pil happy five hasil sebulan pengungkapan. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Polda Riau memusnahkan barang bukti 25 kilogram sabu asal Malaysia, 34.250 butir pil ekstasi, 3 kilogram ganja dan 70 butir pil happy five hasil sebulan pengungkapan kasus, Jumat.

Barang bukti ini berasal dari 11 kasus yang ditangani Ditnarkoba Polda Riau yang enam di antaranya merupakan peredaran jaringan internasional yang dilakukan oleh 15 tersangka.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyebutkan kegiatan pemusnahan ini menjadi hal yang rutin dilakukan pihaknya dengan tujuanmenghindari penyalahgunaan wewenang.

"Kita tahu ada beberapa kasus oleh oknum di daerah lain yang menyalahgunakan barang bukti. Oleh karena itu, kita kali ini memusnahkan barang bukti dari periode Mei-Juni," terangnya kepada awak media.

Lanjut Irjen Iqbal, di masa kepemimpinannya ia memerintahkan Dirnarkoba serta Kapolres untuk menindak tegas pengedar narkoba, meski para pengedar ada yang kehilangan nyawa.

"Dengan catatan sesuai mekanisme dan SOP. Apabila dia (pengedar) membahayakan nyawa petugas dan masyarakat, tindak tegas! Diperbolehkan," ujar Irjen Iqbal.

Di tempat yang sama, Dirnarkoba Polda Riau Kombes Pol Manang Soebeti mengatakan para pengedar dari jaringan internasional ini menerima langsung barang haram ini dari kurir laut melalui pelabuhan tikus di Bengkalis dan Dumai.

"Para tersangka rata-rata diupah Rp10 juta-Rp20 juta per kilogramnya. Mereka dikendalikan oleh pengendali yang berada di Malaysia," tutur Kombes Manang.

Berdasarkan perintah pengendali, narkoba ini akan dibawa dan diedarkan di wilayah Pulau Sumatera serta Jawa.

"Total seluruh barang ini diperkirakan mampu menyelamatkan 288 ribu jiwa. Total nilainya apabila berhasil diedarkan ialah Rp35 miliar," pungkasnya.

Baca juga: Dikendalikan napi Bengkalis, 9 ribu pil ekstasi dan 9,5 kg sabu diamankan

Baca juga: 2 kg sabu disita dari 6 tersangka, salahsatunya pecatan Polri