Dekranasda Kota Bandung bina 10.000 pelaku UMKM untuk tingkatkan daya saing

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, UMKM

Dekranasda Kota Bandung bina 10.000 pelaku UMKM untuk tingkatkan daya saing

Arsip- Produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) saat dipamerkan di Trans Studio Mall Kota Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Rubby Jovan)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Jawa Barat, terus melakukan pengembangan usaha lokal dengan membina sebanyak 10.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing.

“Pembinaan dilakukan tidak hanya mempopulerkan produk tetapi juga mematangkan bisnis agar mandiri, termasuk juga akses mengikuti pameran dan promosi produk sesuai dengan kelas daya saing,” kata Ketua Umum Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah di Bandung, Jumat.

Linda mengungkapkan, pihaknya juga turut mengkurasi beragam produk kerajinan dari 10.000 pelaku UMKM tersebut untuk meningkatkan kualitas produk usaha.

Ia menambahkan kegiatan kurasi ini bertujuan untuk menentukan daya saing dari setiap pelaku usaha yang mengikuti pembinaan tersebut.

"Kurasi ini melibatkan akademisi dan berbagai pihak melalui kolaborasi pentahelix, termasuk universitas, media, pelaku bisnis dan komunitas,” kata Linda.

Setelah dilakukan tahap kurasi, kata dia, pihaknya mengelompokkan pelaku usaha menjadi dua kelas berdasarkan daya saing, yaitu kelas menengah dan premium.

"Untuk kelas menengah, produk akan difasilitasi untuk promosi di mal kelas menengah. Sedangkan kelas premium, produk akan difasilitasi untuk promosi di mal kelas premium dan berkesempatan untuk tampil di acara nasional dan internasional,” katanya.

Lebih lanjut, Linda menyampaikan pelaku usaha yang dibina oleh Dekranasda akan mendapatkan berbagai keuntungan dan memantik semangat para pelaku UMKM dalam menghadirkan kerajinan yang berkualitas.

“Dekranasda berkomitmen untuk membina, mengembangkan dan menjaga eksistensi produk lokal agar tidak hanya muncul sebentar tetapi juga mampu bersaing dan bertahan di pasar,” kata dia.

Dia berharap dengan program pembinaan ini, pelaku usaha yang baru memulai maupun yang sudah berpengalaman, dapat terus berkreasi dan berkembang.

“Pemkot Bandung dan Dekranasda siap membantu dan memfasilitasi agar produk lokal semakin dikenal dan dicintai di pasar global," kata Linda.

Baca juga: Dekranasda Kabupaten Siak gelar Festival Batik dan Tenun

Baca juga: Wury Ma'ruf Amin: Dekranasda Papua Barat Daya menjadi promotor hasil UMKM