Bawaslu Riau klaim Pemilu 2024 kondusif berkat peran media dan masyarakat

id bawaslu,riau,kondusif

Bawaslu Riau klaim Pemilu 2024 kondusif berkat peran media dan masyarakat

Bawaslu Expose Hasil Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Provinsi Riau, Pekanbaru, Kamis (5/4/2024).ANTARA/Vera Lusiana. (vera lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Riau mengapresiasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah setempat berjalan kondusif berkat peranserta semua pihak terutama media yang mampu menciptakan suasana sejuk dan tenang.

Walau dalam prosesnya tentu tidak terlepas dari riak-riak Pemilu , namun semuanya bisa diatasi tanpa kendala berarti, kata Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal saat menggelar Expose Hasil Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis malam (4/4).

"Sejauh ini pemilu berjalan kondusif walau ada dinamika sehingga kita bisa tenang melakukan aktifitas paskapemilu. Ke depan kita juga akan melakukan pilkada," kata Alnofrizal.

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal mengatakan bahwa pers di Riau sangat mendukung kegiatan pengawasan kepemiluan oleh Bawaslu Riau sehingga pelaksanaan pengawasan kepemiluan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dia melaporkan beberapa hasil evaluasi Pemilu 2024 di antaranya, dalam masa kampanye dan masa pencoblosan Bawaslu Riau dan kabupaten menangani dugaan kasus pidana, misalkan ada kasus di Bengkalis dan Dumai.

"Ini sudah vonis putusan pidananya, dan hari ini kita sedang menjalan sidang 3 register dari 3 pelapor terhadap KPU kabupaten/Kota dan nanti malam akan ada putusannya," katanya.

Ia mengaku peran serta pers di Pemilu Riau telah mendukung sehingga berjalan kondusif dan paskapemilu juga berjalan aman untuk menerima hasil penghitungan suara.