Pemprov Riau salurkan berbagai bantuan ramadhan di Kepulauan Meranti

id Pemerintah PRovinsi Riau,Bantuan ramadhan riau

Pemprov Riau salurkan berbagai bantuan ramadhan di Kepulauan Meranti

Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur saat menyerahkan bantuan Ramadhan di Kabupaten Kepulauan Meranti. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menyalurkan berbagai bantuan Ramadhan yakni paket santunan Idul Fitri, bantuan untuk dai/mubaliq, bantuan masjid dan mushalla bersumberdari APBD Provinsi Riau tahun 2024, BAZNAS Riau dan dari Bank Riau Kepri Syariah.

"Penyerahan bantuan ini sekaligus menjadi sarana memperkuat hubungan silaturahim dengan masyarakat di Kepulauan Meranti dengan memanfaatkan momen Safari Ramadhan 1445 Hijriah," kata Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur di Meranti, Minggu.

Menurut Zulkifli, bantuan yang telah disalurkan tersebut semoga dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga membawa keberkahan untuk kita dalam menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah kendati Riau masih dilanda musim kemarau.

Ia mengatakan, musim kemarau yang melanda Riau berpotensi memicu kebakaran hutan dan lahan dan telah terjadi pada beberapa daerah sehingga masyarakat perlu mewaspadai agar api tidak meluas.

"Masyarakat dilarang membakar hutan dan lahan, sebab jika api sudah besar berdampak pada gangguan aktivitas dan kesehatan masyarakat di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau bahkan bisa ke negara tetangga," katanya.

Saat ini katanya menyebutkan beberapa titik api sudah terjadi di Kepulauan Meranti, dan Pemerintah Provinsi Riau telah menurunkan tim yang langsung dipimpin oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M. Edy Afrizal.

"Selain itu kemarin bahkan sudah dilakukan pemadaman api menggunakan helikopter yang dikomando Kalaksa BPBD Riau," katanya.

Namun demikian, dia bersyukur sebab sejak dua hari ini Kepulauan Meranti diguyur hujan dan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapahari terakhir bisa padam sehingga mempermudah tim melakukan pemadaman.

Sementara itu bantuan untuk Masjid Al-Falah Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti yang diserahkan bersumber dari Bank Riau Kepri Syariah sebesar Rp50 juta, bantuan 1.000 paket santunan Idul Fitridari BAZNAS Provinsi Riau kepada 40 penerima manfaat sebesar Rp20 juta.

Selain itu bantuan kado Dai Riau yang diberikan kepada 10 Dai penerima manfaat senilai Rp10 juta, serta santunan jaminan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris pegawai Satpol PP dan PUPR masing-masing sebesar Rp42 juta.

Plh Bupati Kepulauan Meranti H Asmar juga menyerahkan bantuan dana hibah tahun anggaran 2024 kepada pengurus masjid Al Falah Kecamatan Tebing Tinggi sebesar Rp30 juta dan menyerahkan bantuan kepada fakir miskin dan dhuafa.