PT Hutama Karya rampungkan PHO Tol Bangkinang - Koto Kampar untuk mudik Lebaran

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, tol

PT Hutama Karya rampungkan PHO Tol Bangkinang - Koto Kampar untuk mudik Lebaran

Ruas Tol Tol Bangkinang – Koto Kampar di Provinsi Riau sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. (ANTARA/HO - Hutama Karya)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) atau HK merampungkan Provisional Hand Over (PHO) Tol Bangkinang – Koto Kampar di Provinsi Riau yang siap difungsionalkan pada mudik Lebaran tahun ini.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya yakni Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahapan dalam upaya mempercepat pengoperasian jalan tol yang lebih baik, dengan pemeriksaan yang dilaksanakan sesuai ketentuan kontrak yang berlaku.

“Alhamdulillah selama dua hari tersebut sudah dilakukan pemeriksaan yang meliputi pengecekan kelengkapan administrasi, hingga kondisi fisik pekerjaan. Targetnya jalan tol ini dapat kita fungsionalkan pada Lebaran untuk mendukung mobilitas pemudik khususnya di Provinsi Riau,” ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa.

Jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) akan segera diajukan pelaksanaan permohonan Uji Laik Fungsi (ULF), untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh regulator atau Kementerian PUPR, dengan harapan dapat menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun 2024.

Dalam proses pembangunannya, Hutama Karya menggunakan sejumlah teknologi konstruksi diantaranya seperti Jembatan Unibridge untuk efisiensi struktur pada kontur yang ekstrim, serta struktur yang ringan dengan bentang yang panjang dapat mengefisiensikan desain pada struktur pondasi dan kolomnya.

Jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) memiliki mainroad sepanjang 24,7 km, dengan jumlah lajur 2x2. Adapun kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam menjadi hanya 15 – 20 menit.

Selain memudahkan mobilitas memangkas waktu tempuh pemudik, jalan tol ini juga memberikan manfaat khusus untuk masyarakat sekitar, yaitu meningkatkan UMKM pada lokasi pintu keluar/masuk tol, membuka lapangan kerja pada masyarakat sekitar mulai dari saat proses konstruksi hingga operasional.

Menjelang Mudik Lebaran 2024 M/1445 H,Hutama Karya berencana untuk memfungsionalkan dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), salah satunya ditandai dengan rampungnya proyek jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar). Proyek jalan tol tersebut dilakukan Provisional Hand Over (PHO) terhadap pekerjaan lanjutan yang menjadi lingkup anak usaha Hutama Karya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Kegiatan PHO tersebut diawali dengan pelaksanaan kegiatan Pemeriksaan Lapangan oleh Tim Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Hutama Karya, yang kemudian ditutup dengan Rapat Pleno Pelaksanaan Pemeriksaan PPHP.

Sebagai informasi, dua ruas JTTS yang akan difungsionalkan meliputi jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar), dan jalan tol Indrapura – Kisaran Seksi Limapuluh – Kisaran.