SF Hariyanto resmi jadi Penjabat Gubernur Riau

id Pejabat Gubernur Riau, pelantikan gubernur Riau, menteri dalam negeri

SF Hariyanto resmi jadi Penjabat Gubernur Riau

Mendagri Tito Karnavian ketika melantik SF Hariyanto menjadi Pj Gubernur Riau. ANTARA/HO-Pemprov Riau

Pekanbaru (ANTARA) - SF Hariyanto resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Riau dan mendapatkan berbagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan Presiden Joko Widodo usai dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian di Jakarta, Kamis.

SF Hariyanto dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Kamis, mengaku mendapat beberapa catatan dari Mendagri terkait tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan.

"Alhamdulillah, tadi saya sudah dilantik oleh Mendagri. Ada beberapa catatan kepada saya dan juga kepada rekan-rekan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni kita harus bisa bekerja sama. Apalagi seorang pemimpin itu tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja sama. Selain itu Mendagri juga mengingatkan pemimpin itu harus bisa memberikan contoh yang baik," kata SF Hariyanto yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau.

Adapun amanah yang diberikan Mendagri, lanjutnya, bekerja sama dalam menjalankan tugas baik dalam pemerintahan maupun non-pemerintahan, serta menyelesaikan dan melanjutkan tugas yang ditinggalkan oleh gubernur sebelumnya.

Selanjutnya menyiapkan program kerja dengan baik sertamenyelesaikan program kerja tahun 2024. Lalu mengatasi masalah tengkes, hingga menjaga angka inflasi di Riau tetap stabil.

"Saya akan melaksanakan tugas dan amanah itu. Tapi saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya bekerja dengan tim. Insya Allah tim Pemprov Riau sudah biasa melaksanakan itu," ucapnya.

Sementara itu Mendagri M Tito Karnavian mengamanahkan agar SF Hariyanto bisa menjalankan tugas dengan baik serta menjaga dan memperkuat hubungan baik dengan presiden, pemangku kepentingan lainnya, maupun staf.

"Pemimpin yang kuat tidak hanya sekadar memiliki kekuasaan, tapi juga harus memiliki follower yang baik, dan yang lebih utama adalah memiliki konsep kerja," kata Mendagri