4 ETLE di Pekanbaru mati, ini penjelasan polisi

id ETLE statis,Ditlantas Polda Riau,Etle mati

4 ETLE di Pekanbaru mati, ini penjelasan polisi

Salah satu titik ETLE statis yang mati di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang terdapat di sejumlah lokasi di Pekanbaru mati sejak beberapa waktu belakangan.

Berdasarkan pantauan ANTARA, ETLE statis di Jalan HR Soebrantas, persimpangan Jalan Tuanku Tambusai dan Harapan Raya yang biasa merekam pelanggaran lalulintas tak lagi aktif.

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat saat dikonfirmasi, Jumat, menjelaskan kamera untuk tilang online tersebut mati disebabkan dalam proses perawatan.

"ETLE statis mau ada perbaikan teknis dalam rangka pemeliharaan dan perawatan," sebut Kombes Taufiq kepada ANTARA melalui telepon.

Lanjutnya, berdasarkan informasi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) ETLE statis akan kembali aktif pada awal Maret mendatang.

Meskipun ETLE statis dinonaktifkan sementara, pihaknya tetap mencatat pelanggaran lalulintas menggunakan ETLE mobile.

ETLE mobile on board sendiri adalah kamera portable yang ada pada kendaraan Polantas, seperti mobil patroli yang bergerak di titik rawan yang tidak terjangkau kamera ETLEstatis.

"Kamu masih mencatat penindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi lakalantas melalui ETLE mobile," lanjutnya.

Lebih lanjut, Kombes Taufiq mengimbau masyarakat untuk tetap menaati peraturan berlalulintas dengan menggunakan helm SNI baik yang mengendarai maupun yang dibonceng.

Ia juga mengingatkan pengendara untuk melengkapi kendaraan dengan kaca spion, SIM, maupun STNK. Bagi pengendara kendaraan roda empat juga diimbau untuk selalu menggunakan sabuk pengaman.

Selain itu, ia memperingatkan pengendara untuk tidak menggunakan handphone saat berkendara dan mengutamakan keselamatan di jalan serta mematuhi rambu-rambu lalulintas.

"Konsentrasi saat berkendara menjadi hal utama dalam hal mengendarai kendaraan bermotor. Mari kita sama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalulintas," pungkasnya.

Baca juga: Polisi Pekanbaru optimalkan penggunaan ETLE dalam program Riau Tertib Berkeselamatan

Baca juga: 5 ribu pelanggaran di Riau terekam melalui ETLE mobile sebulan terakhir