Polisi Pekanbaru optimalkan penggunaan ETLE dalam program Riau Tertib Berkeselamatan

id Satlantas Polresta Pekanbaru

Polisi Pekanbaru optimalkan penggunaan ETLE dalam program Riau Tertib Berkeselamatan

Satlantas Polresta Pekanbaru saat melakukan penindakan menggunakan ETLE mobile. (ANTARA/HO-Satlantas Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Satlantas Polresta Pekanbaru mengoptimalkan penggunaan electronic traffic law enforcement (ETLE) dalam melaksanakan program Riau Tertib Berkeselamatan yang dilaksanakan pada 7-31 Desember 2023.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina melalui pesan WhatsApp, Jumat, menyebutkan penggunaan ETLE Mobile dimaksimalkan personelnya di lokasi rawan pelanggaran.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, selain mengoperasikan ETLE mobile, Satlantas Polresta Pekanbaru juga memberikan teguran terhadap pelanggar.

Dijelaskannya, program Riau Tertib Berkeselamatan ini juga melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif seperti imbauan di tempat keramaian atau melaksanakan pengaturan, penjagaan maupun patroli.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan serta menjaga Kamtibmas di Kota Pekanbaru hingga pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 nanti," terang Birgitta.

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif dalam rangka pelaksanaan tahapan kampanye pemilu 2024.

Adapun sasaran penindakan kegiatan ini yakni menggunakan Ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan sabuk keselamatan (safetybelt), tidak mengenakan helm SNI, serta kendaraan barang yang mengangkut penumpang di atas bak terbuka.

"Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat terwujud," harapnya.