710 polisi amankan TPS di Pekanbaru untuk Pemilu 2024

id Pemilu 2024,Polresta Pekanbaru

710 polisi amankan TPS di Pekanbaru untuk Pemilu 2024

Personel Polresta Pekanbaru saat mendengarkan arahan untuk pengamanan Pemilu 2024.(ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 710 personel kepolisian telah disiapkan untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kota Pekanbaru pada pemilu mendatang.

Ratusan personel Polresta Pekanbaru ini akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di 2.756 TPS di Pekanbaru.

Hal tersebut disebutkan Kapolresta Pekanbaru Kombes Jeki Rahmat Mustika usai memberikan arahan kepada personel yang akan dikerahkan di Balai Dang Merdu Bank Riau- Kepri, Selasa.

Kombes Jeki menyebutkan arahan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel Polresta Pekanbaru melakukan penjagaan selama berlangsungnya Pemilu 2024.

“Kami mengumpulkan personel, memberikan arahan dalam hal pengamanan TPS Pemilu agar berjalan lancar,” terang Kombes Jeki.

Selain 710 personel dari Polresta Pekanbaru, disebutkan Jeki pihaknya juga akan meminta bantuan tambahan dari Polda Riau. Personel TNI pun akan turut dilibatkan untuk pengamanan Pemilu 14 Februari mendatang.

Adapun teknis pengamanan, lanjut Kapolresta, satu personel kepolisian akan ditempatkan di beberapa TPS.

“TPS yang rawan di situ ada dua polisi dan satu linmas. Untuk situasi yang aman ada 4-5 TPS dijaga satu Polri,” urainya.

Kapolresta mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga agar Pemilu di Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib tanpa adanya gangguan apapun.

Harapannya, personel yang bertugas di tiap TPS sudah tahu apa yang akan dilakukan dan tidak boleh dilakukan, serta berkoordinasi dengan stakeholder yang ada.

"Minimal saat di sana mereka sudah menguasai situasi sehingga apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan sudah tahu apa yang harus dilakukan," pungkas Kombes Jeki.