Evaluasi perayaan malam tahun baru, DKI diminta perbanyak tempat sampah

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, tahun baru

Evaluasi perayaan malam tahun baru, DKI diminta perbanyak tempat sampah

Seorang pengunjung bersantai di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (1/1/2023). (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin meminta Pemerintah Provinsi DKI memperbanyak tempat sampah sebagai evaluasi perayaan malam Tahun Baru 2024.

"Pemerintah Provinsi DKI juga seharusnya membuat tempat sampah yang memadai dan cukup bisa dijangkau," kata Khoirudin kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Khoirudin menuturkan perlunya tempat sampah diperbanyak di setiap lokasi perayaan malam tahun baru khususnya tempat ramai agar masyarakat mudah menaruh sampah.

Dengan harapan agar masyarakat tidak membuang sampah sehingga tak menumpuk di lokasi perayaan malam tahun baru.

"Banyaknya tempat sampah bisa membuat masyarakat yang buang sampah juga tidak kesulitan mencari tempat pembuangan sampah," katanya.

Dia juga menyoroti masyarakat seharusnya memiliki kesadaran sendiri untuk bertanggung jawab atas sampahnya.

Sehingga, menurut dia, tidak perlu diingatkan oleh orang lain untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal itu sudah menjadi tanggung jawab bersama.

"Ini tanggungjawab bersama ya antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Khoirudin meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengevaluasi perayaan malam tahun baru, imbas tanaman rusak di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

"Harus ada evaluasi, kalau menghadirkan banyak orang itu dengan risiko pasti tanaman terinjak," katanya.

Khoirudin menjelaskan, seharusnya perayaan di lokasi besar seperti itu sudah diantisipasi jauh hari oleh Pemprov DKI beserta dinas terkait.

Terlebih, dikhawatirkan sejumlah tanaman yang rusak bisa menghabiskan banyak biaya untuk diperbaiki dan diganti menjadi baru kembali.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menyampaikan jumlah sampah yang terkumpul selama malam perayaan Tahun Baru 2024 di seluruh wilayah Jakarta mencapai 130 ton.

"Tadi malam, sampah mencapai 130 ton dari seluruh Jakarta dan khusus dari sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terkumpul 32 ton sampah,” ujar Asep saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (1/1).

Baca juga: Kendaraan padat merayap di Pekanbaru jelang pergantian tahun baru

Baca juga: 1.000 personel Dishub DKI disiagakan untuk atur lalu lintas pada malam Tahun Baru 2024