Kendaraan padat merayap di Pekanbaru jelang pergantian tahun baru

id Tahun baru 2024

Kendaraan padat merayap di Pekanbaru jelang pergantian tahun baru

Kendaraan padat merayap di Jalan Sudirman Pekanbaru jelang malam pergantian tahun.(ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Menjelang malam pergantian tahun baru, kendaraan padat merayap di tengah kota tepatnya di Jalan Sudirman di depan Purna MTQ, Kota Pekanbaru, Minggu malam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak volume kendaraan roda dua maupun roda empat meningkat yang menyebabkan kendaraan hanya bisa bergerak lambat.

Selain itu banyak pula masyarakat yang memilih duduk di gerai penjual makanan yang terletak di depan Purna MTQ Pekanbaru.

Padatnya volume kendaraan maupun masyarakat yang berada di Purna MTQ yang membuat Jalan Sudirman mengalami kemacetan. Namun petugas juga tampak berada di lokasi untuk mengurai arus lalulintas.

Di tengah padatnya kendaraan yang merayap, sempat pula kendaraan sepeda motor ditabrak dari belakang oleh sebuah mobil. Melihat kejadian tersebut, personel Satlantas Polresta Pekanbaru di lapangan langsung turun untuk membantu pengendara.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama PJU juga melalukan cek pos pengamanan guna melihat kesiapan personel memberikan pelayanan kepada masyarakat saat malam tahun baru.

Diberitakan sebelumnya, Satlantas Polresta Pekanbaru akan mengalihkan sejumlah ruas jalan di pusat Kota Pekanbaru untuk mengatasi kemacetan jelang malam pergantian tahun.

Adapun ruas jalan yang akan ditutup atau disekat sementara adalah Jalan Jenderal Sudirman. Penyekatan dimulai di Persimpangan Tuanku Tambusai dimana kendaraan dari arah Arena Purna MTQ akan diarahkan ke Jalan Tuanku Tambusai lalu Jalan KH Ahmad Dahlan.

Sedangkan kendaraan dari arah Pasar Bawah yang hendak menuju arah Persimpangan Jalan Sudirman - Gajah Mada, akan dialihkan menuju Jalan Hangtuah. Karena lokasi Jalan Sudirman sekitar Kantor Gubernur Riau juga akan ditutup.

Satlantas Polresta juga akan menutup akses masuk menuju Jalan Gadjah Mada via Jalan Diponegoro. Sementara Kendaraan dari arah Tuanku Tambusai yang ingin menuju Jalan Sudirman dialihkan via Jalan Pattimura, Jalan Diponegoro lalu Jalan Kartini.

Kemudian, Satlantas Polresta Pekanbaru akan melakukan penutupan akses total Jalan Gajah Mada, Flyover Simpang Tuanku Tambusai- Jenderal Sudirman dari arah Arena Purna MTQ dan Tugu Zapin mulai dari Persimpangan Jalan Hang Tuah-Jenderal Sudirman untuk kendaraan dari arah Pasar Bawah.

"Ini akan diberlakukan sejak jam 22.00 WIB malam hingga 1.00 WIB dini hari. Namun masih bersifat situasional, apabila kendaraan masih banyak maka pengalihan maupun penutupan kemungkinan diberlakukan lebih lama,'' sebut Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.