Kapolda Riau perintahkan personel amankan pergantian tahun

id Irjen pol Mohammad Iqbal

Kapolda Riau perintahkan personel amankan pergantian tahun

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dan Forkopimda saat mengecek pos pengamanan di Pekanbaru (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbalbersama stakeholder Provinsi Riau mengawasi langsung pengamanan malam pergantian tahun di Pekanbaru, Minggu malam.

Kegiatan diawali dengan video conference (vidcon) bersama Panglima TNI dan Kapolri bersama seluruh Kapolda se-Indonesia. Usai vidcon, Irjen PiolMIqbal bersama rombongan kemudian memantau langsung Posko Pengamanan Operasi Lilin di Lapangan MTQ.

Di sana, Kapolda turut mengecek kesiapan personel yang bertugas mengamankan malam pergantian tahun. Dikatakanya, sesuai arahan dan perintah langsung Panglima TNI dan Kapolri, pihaknya ingin memastikan keamanan masyarakat terjamin di malam pergantian tahun.

"Kita paham bahwa Panglima TNI dan Kapolri ingin kami melayani dan mengamankan masyarakat dalam malam pergantian tahun saat ini. Jangan sampai ada gangguan keamanan dari aspek manapun," ujar Irjen Iqbal.

Dia memastikan seluruh pimpinan dari masing-masing stake holder akan turut melakukan pengawasan hingga tengah malam.

"Yang penting keamanan, kemudian kelancaran arus lalu lintas. Bagi yang kebut-kebutan yang mengganggu keamanan di minimalisir," lanjutnya.

Di Pekanbaru sendiri ada sebanyak 1.500 personel gabungan yang tersebar di berbagai titik guna mengamankan masyarakat. Termasuk juga bertugas mengurai kemacetan bila terjadi pada saatmalam pergantian tahun.

"1.500 lebih di Pekanbaru gabungan TNI-Polri. Seluruh Riau lebih dari 3 ribu dalam rangka Operasi Lilin yang juga akan berakhir tanggal 1. Kami juga mengamankan beberapa rumah ibadah gereja yang masih ada misa sampai malam ini dan besok," pungkasIqbal.