Penyandang disabilitas Pekanbaru ikut literasi keuangan

id Disabilitas, ojk, literasi, keuangan

Penyandang disabilitas Pekanbaru ikut literasi keuangan

OJK menggelar literasi keuangan ini agar para penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai merdeka finansial. (ANTARA/HO-OJK)

Pekanbaru (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar literasi keuangan bagi penyandang disabilitas di Pekanbaru, Senin (11/12) guna mendorong peningkatan literasi keuangan dan memperluas akses keuangan masyarakat di Riau.

"Tujuan OJK ini agar para penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai merdeka finansial," kata Deputi Direktur Pengawasan LJK Kantor OJK Provinsi Riau, Elvira Azwan.

Elvira mengatakan literasi yang digelar oleh OJK ini memang sengaja menyasar penyandang Disabilitas yang selama ini masih kurang aksesnya. Selain edukasi ini sendiri digelar OJK Riau dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Lebih lanjut, Elvira Azwan menyampaikan bahwa OJK sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan, berkomitmen mendorong literasi dan inklusi keuangan kepada semua pihak, termasuk kepada penyandang disabilitas.

“Kemerdekaan finansial harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia sehingga dengan literasi keuangan yang memadai diharapkan mampu membawa masyarakat menuju hidup yang berkecukupan dan lebih sejahtera secara finansial,” kata Elvira Azwan.

Elvira Azwan berharap melalui kegiatan literasi edukasi keuangan ini, para penyandang disabilitas dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya keuangan yang sehat dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan pemahaman yang baik, diharapkan dapat terhindar dari risiko investasi dan pinjaman online ilegal yang berpotensi merugikan serta mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Fenty Widya selaku Ketua Yayasan Insan Berguna Nusantara menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada OJK Riau karena telah mengadakan kegiatan edukasi dan literasi kepada penyandang disabilitas di Riau.

"Kami sangat berterimakasih. Dengan kegiatan sosialisasi, edukasi dan literasi kepada penyandang disabilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran finansial dan mendorong kemandirian ekonomi," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam acara ini juga menghadirkan narasumber lain, diantaranya Mochamad Taufiq dari Kantor OJK Provinsi Riau dan Andi Oki yang merupakan Branch Manager Bank BSI Cabang Pekanbaru.