Pelembang gelar operasi semut peringati Hari AIDS Sedunia

id HIV,AIDS,Dinas Kesehatan ,Palembang

Pelembang gelar operasi semut peringati Hari AIDS Sedunia

Dinkes gelar operasi semut peringati hari AIDS sedunia di Palembang, Minggu (2/12/2023). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang menggelar operasi semut kegiatan pemungutan sampah bersama yayasan dan para aktivis peduli AIDS di kota itu untuk memperingati Hari AIDS Sedunia.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan di Palembang, Minggu, mengatakan dinkes sangat mendukung kegiatan itu.

Menurutnya kegiatan atas kepedulian dari bahayanya AIDS ini perlu ditingkatkan.

“Untuk di Kota Palembang diketahui lebih dari 200 penderita HIV/AIDS di tahun 2023 ini, dengan tingginya angka HIV/AIDS di Palembang kegiatan serupa ini harus rutin dilaksanakan yang diharapkan dapat menekan angka peningkatan pasien HIV/AIDS,” katanya.

Guna menekan angka penderita HIV/AIDS di Kota Palembang, ia berpesan untuk seluruh masyarakat terkhusus anak muda untuk tidak melakukan hubungan bebas diluar pernikahan ataupun hubungan sejenis.

“Mari kita sama-sama menekan angka penderita HIV/AIDS di Kota Palembang. Sama-sama kita bisa, kita bisa sama-sama,” tegasnya.

Sementara itu, memperingati Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023 Yayasan Intan Maharani dan para aktivis edukasi masyarakat berkolaborasi dengan aktivis dan penggiat HIV/AIDS di Kota Palembang melaksanakan kegiatan bakti masyarakat dengan tema bergerak bersama komunitas akhiri AIDS 2023.

“Setiap tanggal 1 Desember kita memperingati hari AIDS sedunia, dengan ini kita sebagai lembaga kesehatan yang tergabung sebagai aktivis HIV/AIDS mengajak dan mengimbau kepada masyarakat akan bahayanya penyakit HIV/AIDS,” kata ketua pelaksana kegiatan operasi semut Rusdan Indra Paty