Pemilu - KPU Dumai Klaim Persiapan Logistik Pileg Tuntas

id pemilu -, kpu dumai, klaim persiapan, logistik pileg tuntas

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai mengklaim sudah mempersiapkan segala kebutuhan logistik keperluan jelang pemungutan suara pemilu legislatif (Pileg) 9 April 2014 dan segera disalurkan ke panitia kecamatan.

"Kita sudah siapkan logistik yang mulai didistribusikan hari ini setelah pada hari sebelumnya petugas kami kerja lembur untuk mempersiapkan kotak suara beserta perlengkapannya," kata Ketua KPU Dumai, Darwis di Dumai, Senin.

Dia menjelaskan, pendistribusian logistik ke pihak panitia kecamatan dan kelurahan akan mendapat pengawalan dari petugas panitia pengawas kecamatan dan kepolisian setempat.

Pengawalan yang dilakukan ini menurutnya, untuk memastikan logistik sampai di tempat tujuan yakni kantor camat setempat dengan kondisi aman dan utuh, tanpa ada persoalan selama dalam perjalanan.

"Logistik kita distribusikan dengan menggunakan armada truk yang diawasi oleh petugas polisi dan Panwas," ujarnya.

Logistik yang disalurkan tersebut, tambahnya, meliputi kotak suara, kertas suara, segel, tinta, spidol, alat pencoblos dan sejumlah formulir keperluan pencatatan panitia di tempat pemungutan suara (TPS) serta lainnya.

Sebagian kotak suara untuk pemungutan suara Pileg, sebutnya, selain terbuat dari bahan alumunium yang merupakan peralatan lama, juga ada berbahan kardus yang didistribusikan KPU Riau.

Penyelenggaraan Pileg 2014 di Dumai akan diikuti sebanyak 196.876 jiwa pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) yang sudah ditetapkan KPU Riau pada akhir Maret 2014.

Pelaksanaan pemilu di daerah tersebut juga akan diikuti sebanyak 2.438 jiwa penduduk yang masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK) di tiap kecamatan, terdiri dari pemilih pindah tugas, sakit, narapidana dan pindah karena bencana alam.