Puluhan petani Riau belajar pengelolaan kebun sawit di lahan gambut

id Petani kebun sawit ,Sawit Riau,Samade

Puluhan petani Riau belajar pengelolaan kebun sawit di lahan gambut

Pembukaan FGD yang diikuti puluhan petani Riau guna meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dalam pengelolaan kebun kelapa sawit. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Pekanbaru guna meningkatkan kapasitas dan pengetahuan pekebun dalam pengelolaan kebun kelapa sawit mereka, Selasa.

Ketua Panitia FGD, Sukanto mengatakan kegiatan inidiikuti oleh 60 petani kelapa sawit dari berbagai daerah di Riau.

Di hari pertama, pekebun melakukan dialog interaktif bersama para pakar. Sedangkan di hari kedua yang digelar Rabu (22/11), pekebun melakukan studi langsung ke perkebunan sawit di kawasan gambut milik Astra Agro Lestari di Kabupaten Siak.

"Kegiatan ini mempererat silaturahmi dan informasi sesama petani kelapa sawit. Memotivasi petani untuk meningkatkan kapasitas, meningkatkan wawasan dalam pengelolaan kebun sawit yang berkelanjutan," katanya saat memberikan sambutan.

Lanjutnya, dalam kegiatan ini nantinya para petani kelapa sawit akan mendapatkan bimbingan langsung oleh para ahli, mulai dari akademisi hingga sejumlah perusahaan sawit.

Di antaranya adalah Dosen Fakultas Pertanian Universitas Riau, serta dari perusahaan seperti Astra Agro Lestari, Agri Prime Internasional, Mitra Sejati Para Petani dan First resource.

Ketua Umum DPP SAMADE Tolen Ketaren mengatakan kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan pemahaman petani dalam mengelola kebun sawit dalam kawasan gambut.

Melalui acara ini, pihaknya berharap para petani mengerti cara mengelola kebun sawit yang ada di kawasan gambut supaya bisa berkelanjutan.

"Sebab pasti masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mengelola gambut. Padahal gambut memiliki unsur hara yang banyak, namun apabila tidak mengerti bagaimana pengolahannya agar menjadi pupuk, hara itu malah bisa menjadi racun," paparnya.

Sementara itu, Bendahara DPW SAMADE Riau, Syamsurizal, mengaku sangat bahagia dengan digelarnya kegiatan tersebut.

"Kita sangat bahagia bisa bersama petani kelapa sawit yang terus berjuang untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Kelapa sawit merupakan salah satu yang mendukung perekonomian Indonesia, dimana sebagai penyumbang devisa negara terbesar," ujar Syamsurizal.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulfadli yang mewakili Gubernur Riau mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh SAMADE.

"Kita sangat mendukung kegiatan ini. Karena pengelolaan gambut itu kan ada aturan-aturannya. Dengan adanya FGD ini, mencerahkan masyarakat bagaimana pengelolaan gambut yang baik untuk keberhasilan perkebunan sawit itu sendiri," tutupnya.