MUdah Dicuri, Legislator Siak Nilai Pengawasan Lampu PJU Lemah

id mudah dicuri, legislator siak, nilai pengawasan, lampu pju lemah

MUdah Dicuri, Legislator Siak Nilai Pengawasan Lampu PJU Lemah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota DPRD Kabupaten Siak, Riau, menilai pengawasan lampu penerangan jalan umum (PJU) oleh aparat terkait lemah sehingga dengan mudah dicuri.

"Seharusnya sebelum dipasang dikaji lebih dulu menyangkut pengamanan dan pengawasan, jangan asal pasang saja," kata anggota DPRD Kabupaten Siak Robi Cahyadi di Pekanbaru, Jumat.

Pernyataan tersebut terkait puluhan baterai lampu PJU yang menggunakan tenaga surya di sejumlah kecamatan di Kabupaten Siak hilang dicuri, sehingga pada malam hari gelap.

Akibat tersebut Pemkab Siak mengalami kerugian sekitar Rp296 juta karena baterai control regulator (BCR) sebagai penunjang sistem tenaga surya pada PJU itu raib.

Menurut politikus Partai Bulan Bintang (PBB) itu, seharusnya letak lampu dan peralatan penunjangnya aman dari pencurian.

Dia mengatakan petugas terkait lalai dan tidak memperhitungkan faktor keamanan terlebih dahulu.

Pengawasan secara rutin, katanya, juga harus dilakukan dan jangan dibiarkan begitu saja setelah peralatan itu dipasang.

Aparat Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Pemkab Siak sebagai pengelola tentu harus bertanggung jawab terhadap raibnya baterai tersebut.

Padahal sebelumnya, Kepala Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Pemkab Siak, Wan Ibrahim Surji mengatakan pihaknya sudah melaporkan ke polisi karena ada sebanyak 49 baterai yang hilang.

Dia mengatakan bahwa harga baterai untuk penerangan tenaga surya yang hilang itu sebesar Rp2,5 juta per unit.

Masalah tersebut terungkap ketika dilakukan pengecekan malam hari bahwa pada sejumlah ruas jalan yang biasanya terang kemudian menjadi gelap.

Namun ketika siang hari dilakukan pemeriksaan pada bohlam dan peralatan lain, ternyata pada lampu penerangan itu tidak memiliki baterai.

Wan Ibrahim mengatakan dalam catatan bahwa baterai yang hilang itu berada di Jalan Kwalian, Pasar Berlantik, Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Siak.