Perum Peruri hadirkan produk UMKM binaan di ajang China-ASEAN Expo 2023

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru,Peruri

Perum Peruri hadirkan produk UMKM binaan di ajang China-ASEAN Expo 2023

Peruri menghadirkan produk UMKM yang dikembangkan Rumah BUMN Karawang di ajang pameran China-ASEAN Expo 2023 yang berlangsung di Nanning, Guangxi, China pada 16-19 September 2023. (ANTARA/HO-Peruri.)

Jakarta (ANTARA) - Perum Peruri mengirimkan UMKM binaannya untuk memamerkan produk mereka di ajang pameran China–ASEAN Expo (CAexpo) 2023 di Nanning, Guangxi, China, yang berlangsung pada 16-19 September 2023.

Acara yang merupakan hasil kolaborasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perdagangan itu dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Pada ajang CAexpo 2023 Peruri mengirimkan UMKM binaan dengan membawa produk-produk UMKM yang dikembangkan oleh Rumah BUMN Karawang, untuk menawarkan kerja sama kepada konsumen di China. Produk yang ditawarkan mencakup kategori aksesoris, kerajinan bambu, dan fesyen.

"Peruri akan terus meningkatkan partisipasi para UMKM binaannya untuk bisa mengikuti pameran yang diselenggarakan baik dalam maupun luar negeri, sehingga produk-produk lokal bisa mendapatkan tempat di pasar global serta ada multiplier effect terhadap perekonomian nasional," kata Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri Ratih Sukma Pratiwi dalam keterangan resmi yang diterima, Senin.

Selain membuka pameran secara resmi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga berkesempatan mengunjungi booth Peruri untuk melihat langsung produk unggulan UMKM yang diterima baik oleh masyarakat di sana.

Rumah BUMN Karawang merupakan wadah kolaborasi bagi BUMN untuk berbagai kegiatan serta tempat belajar dan membina para pelaku UMKM guna menjadi UMKM yang berkualitas.

Selain itu, Rumah BUMN Karawang juga berfungsi sebagai pusat informasi, edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

Di sisi lain, Peruri memiliki program khusus yang sejalan dengan pengembangan UMKM di Indonesia melalui Peruri Digital Entrepreneur Academy untuk UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnisnya dengan cara mengoptimalisasikan penggunaan teknologi digital.

"Kami memandang bahwa yang terpenting adalah tindak lanjut setelah pameran ini, adanya kerja sama-kerja sama hingga UMKM Go Global,” ujar Ratih.

Peruri menilai China merupakan pasar produk UMKM Indonesia yang potensial karena tingginya minat konsumen terhadap produk aksesoris, fesyen hingga kerajinan bambu yang dijajakan saat ajang CAexpo 2023.

"Suatu pengalaman yang sangat berharga dapat mengetahui selera pasar masyarakat di sini mulai dari fesyen, kerajinan, dan aksesories. Setiap negara kan punya ciri khas tersendiri,” ucap Lusy salah satu pelaku usaha UMKM binaan Peruri.

Baca juga: BNI dukung Ditjen Pajak dan Peruri yang telah luncurkan e-meterai

Baca juga: Penguatan produk digital Peruri perlu dilengkapi dengan kesiapan SDM