Kesepakatan investasi senilai 67,9 miliar dolar AS diteken di China-ASEAN Expo

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, China

Kesepakatan investasi senilai 67,9 miliar dolar AS diteken di China-ASEAN Expo

Sebuah helikopter dipamerkan pada Pameran Tiongkok-ASEAN ke-20 di Pusat Konvensi dan Pameran Internasional Nanning di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China, pada 17 September 2023. (ANTARA/Xinhua/Zhou Hua)

Nanning (ANTARA) - Rekor tertinggi dari jumlah perjanjian investasi berhasil diteken pada upacara penandatanganan China-ASEAN Expo ke-20 pada Minggu (17/9) di Nanning, ibu kota Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China.

Menurut pihak penyelenggara, sejumlah kesepakatan telah ditandatangani pada upacara tersebut untuk 470 proyek dengan investasi gabungan sebesar 487,3 miliar yuan atau sekitar 67,9 miliar dolar AS. Lebih dari 65 persen dari investasi itu berasal dari kesepakatan di sektor manufaktur.

Jumlah kesepakatan, angka total investasi, dan porsi sektor manufaktur dari total investasi tersebut telah mencapai rekor tertinggi tahun ini, kata pihak penyelenggara.

China-ASEAN Expo ke-20 resmi dibuka pada Sabtu (16/9), dengan dihadiri oleh hampir 2.000 perusahaan. Tingkat partisipasinya meningkat 18,2 persen dibandingkan ajang tahun lalu yang dihadiri oleh 1.653 perusahaan.

Baca juga: Kasus Rempang - Menko PMK sebut investasi harus jalan tapi aspirasi juga diakomodasi

Baca juga: Korea dan China antusias bahas investasi IKN dengan Presiden Jokowi