Bawaslu ajak siswa SMA Pekanbaru ikut awasi Pemilu 2024

id sma,awasi, pemilu

Bawaslu ajak siswa SMA Pekanbaru ikut awasi Pemilu 2024

Anggota Bawaslu Pekanbaru, Taufik Hidayat berikan sosialisasi Pemilu 2024 bagi siswa siswa SMAN 10 Pekanbaru, Senin (4/9/2023).ANTARA/HO. (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekanbaru mengajak anak SMA setempat terlibat mengawasi proses dan jalannya pelaksanaan pesta demokrasi tersebut tahun 2024.

Anggota Bawaslu Pekanbaru, Taufik Hidayat mengatakan para siswa dapat memantau saat proses kampanye yang rawan sekali praktik politik uang di masyarakat.Kepada pemilih pemula di satuan pendidikan ini, Taufik meminta siswa mengkampanyekan tolak money politic.

"Salah satu bentuk pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu adalah praktik money politic terselubung," kata Taufik.

Ia juga mengajak siswa SMAN 10 Pekanbaru menjadi agen Pengawas Pemilu 2024,sebab mereka pemilih pemula yang berpotensi menjadi aset bangsa di masa datang.

Praktik ini harus kita berangus demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil. Mari kita sama-sama mengawal pemilu 2024 sebagai pemilu yang bersih," ujar mantan Ketua Panwaslu Kecamatan Sail ini.

Sebagai pemilih pemula, Taufik mengakui siswa rawan menjadi sasaran segala bentuk praktik pelanggaran pemilu. Mulai dari politik uang hingga penyebaran informasi hoaksatau informasi bohong.

Selain mengajak siswa untuk turut mengawasi proses demokrasi bangsa, Taufik juga memperkenalkan tentang azas pemilu kepada siswa. Bahwa azas pemilu adalah, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Untuk diketahui Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Riau Abdul Rahman mengatakan, jumlah pemilih di Provinsi Riau mencapai 4.732.174 jiwa, yang terdiri dari 2.399.163 pemilih laki-laki dan 2.333.011 pemilih perempuan. "Jumlah tersebut merupakan pemilih dari 172 kecamatan dan 1.862 Desa/Kelurahan di Provinsi Riau. Jumlah pemilih tersebut terbagi ke dalam 19.366 TPS," katanya.