Menteri Kominfo beri atensi semrawutnya pemasangan kabel di Pekanbaru

id menkominfo kabel,menkominfo,kabel semrawut

Menteri Kominfo beri atensi semrawutnya pemasangan kabel di Pekanbaru

Salah satu pemasangan kabel yang dinilai semrawut di Kelurahan Sekip, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. (ANTARA/Riski Maruto/23)

Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setia memberikan atensi atas semarwutnya pemasangan kabel di Kota Pekanbaru yang saat ini banyak dipermasalahkan masyarakat dan berbagai pihak lainnya.

"Iya, jangan sampai memakan korban seperti di Jakarta," kata Budi Arie saat berkunjung ke Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan pemasangan kabel listrik, provider internet ataupun kabel jaringan televisi berbayar yang tak beraturan saat ini menjadi masalah di kota-kota besar di Indonesia.

Belum lama ini, Menkominfo juga telah berdiskusi dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mencari solusi terkait semrawutnya pemasangan kabel tersebut.

Lebih lanjut, dia mengaku akan mencari solusi terkait pemasangan kabel-kabel itu agar tidak semrawut sehingga selain tidak menimbulkan pemandangan tak nyaman juga tidak mengganggu keselamatan warga.

Menurutnya, pemasangan kabel-kabel tersebut bisa saja ditanam di dalam tanah atau dirapikan sehingga tidak menimbulkan ancaman.

Sementara itu, pihak DPRD Kota Pekanbaru sendiri sedang merancang Rencana Peraturan Daerah terkait pemasangan kabel di pinggir-pinggir jalan agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan masyarakat.

Salah satu warga Pekanbaru, Eko, mengaku kesal dengan pemasangan kabel jaringan internet di dekat rumahnya di wilayah Panam. "Jangan sampai viraldulu atau memakan korban, baru dibenahi," katanya.

Baca juga: Komplotan pencuri kabel Pertamina diringkus, satu pelaku didor