Disdukcapil Bengkalis gelar sosialisasi pendaftaran penduduk

id pemkab bengkalis,disdukcapil bengkalis,kabupaten bengkalis,sosialisasi

Disdukcapil Bengkalis gelar sosialisasi pendaftaran penduduk

Sekretaris Disdukcapil Bengkais Nurfaridinsyah membuka sosialisasi pendaftaran penduduk 2023 di salah satu Hotel di Bengkalis, Selasa (22/8). (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis menggelar sosialisasi pendaftaran penduduk 2023 di salah satu Hotel di Bengkalis, Selasa.

Dalam sosialisasi yang diikuti sebanyak 30 petugas front office dari UPT Disdukcapil Kecamatan dan Disdukcapil Kabupaten Bengkalis itu menghadirkan narasumber Analis Kebijakan Fungsional Muda Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau Asnarita.S.P. M.H serta akademisi atau tenaga ahliOsnettaS.ST.Par

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bengkslis Abdul Kadir yang juga sebagai Ketua Pelaksana menyebutkan adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi itu yakni persyaratan layanan dan penjelasan pendaftaran penduduk serta pelayanan prima

"Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait layanan pendaftaran penduduk dan tugas front office. Peserta diharapkan lebih mampu memberikan pelayanan prima," ujar Abdul Kadir.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkalis Ismail melalui Sekretaris Nurfaridinsyah mengungkapkan pelayanan kependudukan memang bukan pelayanan dasar, tetapi dokumen kependudukan akan menjadi dasar semua pelayanan yang akan diakses penduduk.

"Kami ingin memastikan seluruh penduduk terdaftar dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri," ungkapnya.

Untuk mewujudkan program unggulan pelayanan sistem kependudukan berbasis mobile, Disdukcapil Kabupaten Bengkalis telah melaksanakan setidaknya 14 inovasi dalam 2 pendekatan yang sejalan dengan transformasi digital SIAK Kementerian Dalam Negeri.

"Kepada Front Office sebagai pelayan harus senantiasa meningkatkan skill dan kemampuan karena kita berada di garda terdepan langsung kontak dengan masyarakat. Saya ingin kita ini baik dan ramah, selain itu juga kuasai regulasi, peraturan dan kebijakan yang berlaku dalam rangka untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera (Bermasa)," ujarnya. (Iinfotorial)