KPU Riau kenalkan surat suara dan cara nyoblos bagi anak SMA

id kpu, kenalkan, surat, suara, bagi , siswa, sma, riau

KPU Riau kenalkan surat suara dan cara nyoblos bagi anak SMA

KPU Riau kenalkan surat suara dan cara nyoblos bagi anak SMA &, Pekanrau, guna meningkatkan partisipan pemilih pada Pemilu 2024, Pekanbaru, Senin (7/8/2023). (ANTARA/vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terus mengenalkan surat suara dan cara mencoblos saat Pemilu 2024 bagi siswa SMA setempat.

Hal ini dikarenakan jumlah pemilih pemula atau pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya di provinsi Riau sangat signifikan. Data KPU mencatat pasca Pilkada 2020 lalu, terdapat 488.448 ribu pemilih yang belum pernah sama sekali menggunakan hak pilihnya. Pemilih ini berusia 17-20 tahun pada 14 Februari 2024.

"Saya mewakili SMA Negeri 7 Pekanbaru mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan KPU Riau yang akan menyampaikan berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang praktik demokrasi dan Pemilu di Indonesia khususnya di Riau", ujar Nurafni Kepala Sekolah SMA 7 di Pekanbaru, Senin.

KPU Riau melakukan sosialisasi Pemilu pada Pemilih Pemula di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Di kegiatan yang dihadiri ratusan siswa itu, KPU Riau memperkenalkan surat suara hingga cara coblos yang benar.

“Belajar itu terdapat berbagai metode, di antaranya belajar dari para praktisi seperti KPU yang diberi amanat menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada di Indonesia,” ujar perempuan dengan segudang prestasi tersebut.

Anggota KPU Riau Nugroho Noto Susanto, memaparkan pengalaman Pemilu di Indonesia dan beberapa aspek penting dalam menyambut Pemilu 2024. Nugi memaparkan lima jenis surat suara pada pemilu 2024, teknis mencoblos yang benar, mengenalkan maskot Pemilu 2024 berupa Sura dan Sulu, serta memberikan demonstrasi cara mencoblos oleh pelajar laki-laki dan perempuan.

Peserta sosialisasi yang berjumlah lebih dari 250 siswa-siswi tersebut tampak antusias mengikuti sosialisasi. Dalam kegiatan tersebut KPU Riau didampingi juga oleh anggota PPK Kecamatan Senapelan, dan anggota PPS beberapa Kelurahan sekitar.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga pengecekan daftar pemilih melalui laman cekdptonline.kpu.go.id.

“Alhamdulillah tidak ada satupun yang komplain tidak terdaftar di DPT. Beberapa siswa menyampaikan bahwa dirinya terdaftar di luar Pekanbaru. Dan hal itu memang hal lumrah karena lokasi TPS yang ditetapkan oleh KPU menyesuaikan alamat yang tertera di KTP Elektronik para pelajar tersebut," urai Nugi

Pada kesempatan tersebut beberapa pelajar bertanya terkait teknis Pemilu 2024, seperti bagaimana prosedur pindah memilih, bagaimana jika belum memiliki KTP Elektronik pada 14 Februari 2024 sementara usia sudah 17 tahun, hingga bertanya bagaimana menjadi penyelenggara Pemilu. Melalui dialog yang interaktif, semua pertanyaan dapat diurai dengan baik.

Sementara itu, total Pemilih pada Pemilu 2024 di Provinsi Riau adalah 4.732.174 orang. Dari total pemilih tersebut, terdapat 1.198.742 pemilih generasi Z (25%), 1.728.017 pemilih generasi Milenial (37%), 1.290.911 pemilih generasi X (27%), 473.976 pemilih generasi Baby Boomers (10%), dan 40.528 pemilih generasi pra Baby Boomers (1%).

Mewakili KPU Riau, Nugi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan SMA 7 Pekanbaru, Ibu Dr. Hj. Nurhafni, M.Pd. yang memberikan kesempatan kepada KPU Riau untuk menyosialisasikan Pemilu 2024 ke hadapan pemilih pemula.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bu Nurhafni dan jajaran SMA Negeri 7 Pekanbaru yang telah berkontribusi nyata pada pendidikan pemilih pemula di SMA Negeri 7 Pekanbaru ini. Semoga untuk ke depannya sinergi antara KPU Riau dan SMA Negeri 7 Pekanbaru terjalin dengan lebih baik,” ungkap Nugi.