KSAL Muhammad Ali resmikan Mako baru Lanal Dumai senilai Rp34,4 M

id Lanal Dumai, KSAL Muhammad Ali

KSAL Muhammad Ali resmikan Mako baru Lanal Dumai senilai Rp34,4 M

KSAL Laksamana Muhammad Ali bersama Gubernur Riau Syamsuar meresmikan Gedung Mako Lanal Dumai, Jumat (4/8/23). (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Renovasi gedung baru Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai senilai Rp34,4 miliar menggunakan anggaran APBD Riau resmi dioperasikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, Jumat.

Peresmian Mako Lanal Dumai di Jalan Yos Sudarso ini dihadiri juga Gubernur Riau Syamsuar, Komandan Korem 031, Kapolda Riau, Kajati, Komandan Lanud, DPRD serta Walikota Dumai Paisal, Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton, Komandan Kodim, Kajari Agustinus HM dan pejabat lainnya.

Hibah bangunan Mako Lanal Dumai dikerjakan selama 8 bulan terhitung sejak April 2022 hingga Desember 2022 ini menurut Gubri Syamsuar ialah bentuk komitmen Pemprov Riau sangat mendukung upaya TNI AL dalam menjaga kedaulatan maritim dan keutuhan NKRI sesuai amanat UUD 1945.

"Agar lebih maksimal kerja TNI AL maka dibutuhkan kantor dan fasilitas representatif. Karena itu Pemerintah Provinsi Riau mendukung dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp34,4 miliar untuk membangun Mako Lanal Dumai," kata Gubernur Riau.

Diharapkan dengan gedung baru dan fasilitas ini, LanalDumai dapat bekerja lebih maksimal, baik dalam menegakkan kedaulatan NKRI dan pelayanan masyarakat. Juga semakin menunjang dalam operasional Pangkalan TNI AL dalam pelaksanaan fungsi.

Sementara, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Riau atas hibah bangunan gedung baru Mako Lanal Dumai ini sebagai wujud perhatian dan sinergitas.

Disebutkan, membangun pangkalan serta infrastruktur menjadi salah satu prioritas TNI AL dalam mendukung operasional unsur-unsur di Lanal Dumai, karena sangat strategis dalam menyelenggarakan dukungan tempur, logistik, administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI AL.

Peresmian Pangkalan TNI AL ini bentuk implementasi nyata dan pembangunan pertahanan negara khususnya di wilayah perbatasan, serta wujud dan terjalinnya sinergitas TNI AL bersama dengan komponen pemerintah daerah dan institusi lain dengan sangat baik.

"Kami berharap sinergitas dan kolaborasi dapat terus terjaga dengan baik dalam menciptakan kualitas serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan Provinsi Riau," kata KSAL.

"Saya juga berpesan kepada seluruh prajurit untuk dapat meningkatkan peran TNI AL, dan memaksimalkan fungsi administrasi sebagai layaknya sebuah pangkalan," sebutnya lagi.

Kedatangan Laksamana Ali ke Dumai didampingi istri ini disambut dengan rasa bangga Gubernur Riau karena sebelumnya pernah menjabat Komandan Lanal Dumai dan kini datang lagi dengan menduduki jabatan KSAL berpangkat bintang 4.

Renovasi Mako Lanal ini dilengkapi juga sejumlah fasilitas seperti Gedung Serbaguna dan Gedung Jalasenastri, tiang bendera pos jaga depan, gerbang dan pos pantau dua unit, drainase, halaman upacara, serta pagar pembatas.