Kemendagri sebut Papua Barat Daya miliki semangat NKRI paling kuat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Papua Barat Daya

Kemendagri sebut Papua Barat Daya miliki semangat NKRI paling kuat

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya yang diterima Pj Gubernur Muhammad Musa'ad di Stadion Wombik, Selasa (1/8) (Antara/ Yuvensius Lasa Banafanu)

Sorong (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut Provinsi Papua Barat Daya memiliki semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) paling kuat dan terasa karena melakukan Pencanangan Bulan Kemerdekaan dan Pendistribusian 10 Juta Bendera Merah Putih 2023.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar saat menghadiri Apel Pencanangan Bulan Kemerdekaan di Stadion Wombik, Selasa, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada Papua Barat Daya yang memiliki semangat NKRI melalui Pencanangan Bulan Kemerdekaan dan Pencanangan Pembagian Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih 2023.

"Ini menandakan bahwa provinsi ini walaupun termuda dan baru tapi semangat NKRI-nya luar biasa, saya atas nama Mendagri memberikan apresiasi," jelas Bahtiar.

Kehadiran semua pihak, termasuk penyelenggara negara baik eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang bekerja di Provinsi Papua Barat Daya membuat pemerintah pusat, khususnya Kemendagri menjadi yakin bahwa daerah ini akan dikelola sebagai bagian integral NKRI.

Berdasarkan kebersamaan dan semangat NKRI itulah, kata dia, Papua Barat Daya akan menjadi tolok ukur kemajuan negara ini, yakni Papua Barat Daya Maju, Indonesia Maju, Papua Barat Daya Sejahtera, Indonesia Sejahtera, dan Papua Barat Daya Aman, Indonesia Aman.

“Saya bangga dengan apa yang dilakukan Provinsi Papua Barat Daya, dari Papua Barat Daya kita teguhkan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia.

Kegiatan Pencanangan Bulan Kemerdekaan dan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih 2023, sebut dia, merupakan program nasional yang sudah dilakukan selama 2 tahun berturut-turut dan dilaksanakan serentak di seluruh di Indonesia.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mochammad Musa’ad mengatakan kegiatan pencanangan ini merupakan wujud solidaritas sebagai anak bangsa untuk bersama-sama meneguhkan semangat, komitmen menjaga, dan mengisi kemerdekaan NKRI.

“Kita telah canangkan bulan kemerdekaan maka sudah sejak tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus seluruh kegiatan akan terus berlangsung," beber Musa'ad.

Ia mengatakan sejak menerima dan mendistribusikan penyerahan Bendera Merah Putih sebagai agenda nasional yang dicanangkan dan dibuat pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri, maka 10 juta Bendera Merah Putih didistribusikan kepada semua komponen anak bangsa di daerah ini untuk dikibarkan.

“Bukan hanya menjaga benderanya tetapi juga menjaga negara dan bangsa agar tetap utuh dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," pesan dia.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Barat Daya, Musa'ad menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia, dan para menteri, khususnya Menteri Dalam Negeri dan jajaran atas dukungan dan komitmen untuk percepatan pembangunan di Provinsi Papua, khususnya Provinsi Papua Barat Daya.

Baca juga: Kemensos siap salurkan bansos kebutuhan dasar bagi warga Puncak Papua

Baca juga: Anggota DPR sebut Komisi II akan bentuk panja untuk awasi pembangunan DOB Papua