DPKP Kuansing Optimalkan Pemanfaatan Pasar

id dpkp kuansing, optimalkan pemanfaatan pasar

DPKP Kuansing Optimalkan Pemanfaatan Pasar

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kabupaten Kuanatan Singingi, Riau, pada tahun 2014 mengoptimalkan pemanfaatan pasar, karena selama ini masih ada pasar yang dibangun namun belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pedagang

"Program ini menjadi prioritas untuk meningkatkan fungsi pasar, sebagai tempat perputaran ekonomi masyarakat mesti berjalan dengan baik, sejumlah kios pasar harus terisi penuh agar terjadi jual beli dengan sempurna," kata Kepala Dinas Pasar kebersihan dan Pertamanan Kuansing Jefrinaldi di Taluk, Kamis.

Dikatakannya bahwa selama ini masih banyak sejumlah kios pasar terlihat kosong, terutama dipasar rakyat kota Taluk Kuantan yang mengakibatkan pasar terlihat agak sepi bahkan para konsumen lebih memilih pasar lumpur. Akibatnya perputaran ekonomi dipasar masih belum optimal, sehingga menyita perhatian serius pihak pemerintah.

Diakui bahwa sejumlah alasan yang mengakibatkan pasar rakyat terlihat sepi, para pedagang masih berminat berjualan di pasar lumpur yang letaknya sangat strategis di posisi jantung terminal kota.

Selain itu terlihat bahwa jual beli di pasar rakyat menurun sejak satu tahun terakhir. Akibat dari dua pasar yang berdekatan membuat pasar rakyat kurang optimal fungsinya walaupun pasar rakyat sangat megah, katanya.

"Kami akan mengoptimalkannya dalam tahun ini, semua pedagang akan didata dengan baik bahkan akan diupayakan mengundang sejumlah pedagang lain untuk berjualan untuk mengisi kios yang masih kosong," tegasnya.

Menurut Jefrinaldi, tahun 2014 ini juga Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi akan membangun pasar tradisional berbasis moderen, dibangun di atas lahan seluas mencapai delapan hektar dengan menghabiskan dana mencapai Rp48 miliar. Jika pasar modern ini terealisasi maka daerah ini akan menjadi maju dan sejumlah pedagang luar daerah akan berdatangan.

"Pembangunan pasar modern ini tidak akan mempengaruhi aktivitas dan fungsi pasar yang sudah ada, tetapi saling ketergantungan dan mengisi satu sama lain, karena ada bidang masing- masing serta akan menambah nilai ekonominya," sebutnya.