Timnas basket dan Indonesia Patriots akan jajal Indonesia Arena Piala Dunia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,FIBA 2023

Timnas basket dan Indonesia Patriots akan jajal Indonesia Arena Piala Dunia

Pemain basket Timnas Indonesia peraih emas SEA Games 2023 Brandon Jawato. (ANTARA/HO-Perbasi)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia dan klub basket Indonesia Patriots akan menjajal arena Piala Dunia FIBA 2023 di Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau disebut juga Indonesia Arena dalam ajang Indonesia International Basketball Invitational.

"Indonesia International Basketball Invitational ini menjadi ajang untuk memberikan apresiasi kepada tim peraih medali emas SEA Games Hanoi. Kami hadirkan tim terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Marques dan Derrick main di pertandingan ini. Turnamen ini bagian dari misi kami memberikan apresiasi dan kesempatan untuk publik melihat tim terbaik Indonesia bermain di IMS pertama kalinya sekaligus bagian dari persiapan kita menatap Pre Olympic Qualifier mendatang," kata Jeremy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam ajang yang juga menjadi uji coba penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 tersebut, timnas basket Indonesia dan klub basket Indonesia Patriots akan melawan tim dari beberapa negara tetangga.

Timnas basket Indonesia akan diperkuat skuad peraih medali emas SEA Games Hanoi Vietnam, di antaranya Marques Bolden, Derrick Michael, Andakara Prastawa, dan Arki Dikania Wisnu.

Timnas Indonesia akan dipimpin oleh pelatih Milos Pejic bersama asisten pelatih Johannis Winar dan Wahyu Widayat Jati. Sedangkan Jeremy Imanuel Santoso bertindak sebagai manajer tim.

Sedangkan untuk Indonesia Patriots, Youbel Sondakh ditunjuk sebagai pelatih kepala didampingi Ismail dan Bambang Asianto Pribadi sebagai asisten. Sementara untuk manajernya adalah Ferri Jufry.

Indonesia Patriots akan diisi pemain masa depan Indonesia yaitu pemain potensial yang kelak bisa menjaga nama besar Indonesia di kancah dunia.

"Indonesia Patriots juga diisi pemain keturunan, Zane Adnan dan Xavier Ford. Ajang ini akan jadi debut mereka. Xavier baru selesai Divisi 1 NCAA di Sacramento State. Sedangkan Zane Adnan baru akan mulai Diivisi 1 NCAA di Uni of Albany," terang Jeremy.

Pertandingan antara timnas basket Indonesia dan Indonesia Patriots melawan sejumlah tim dari negara tetangga ini akan berlangsung pada 2 hingga 5 Agustus.

Uji coba Indonesia Arena dilakukan untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 yang akan dimulai pada 25 Agustus. Selain itu, pertandingan ini juga dimanfaatkan bagi timnas basket Indonesia sebagai ajang pemanasan sebelum berkompetisi pada Asian Games 2023 di China.

Baca juga: Prawira bertekad untuk main lebih baik pada gim kedua final IBL

Baca juga: Perbasi gelar seleksi nasional SEABA U-16 2023