Heru Budi Hartono ajak pemangku kepentingan lakukan penghijauan di Jakarta

id Berita hari ini,beritariau terbaru,berita riau antara, tanam pohon

Heru Budi Hartono ajak pemangku kepentingan lakukan penghijauan di Jakarta

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar saat memberikan keterangan pers di Waduk Kampung Rambutan 2, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (21/7/2023). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak pemangku kepentingan (stakeholder) dan swasta untuk mendukung program penghijauan di Jakarta melalui penanaman pohon.

"Penanaman pohon ini untuk mempercantik, supaya rindang dan menyerap air. Saya minta seluruh 'stakeholders' di DKI Jakarta terlibat untuk tanam pohon di mana saja, jumlahnya silakan," kata Heru usai penanaman pohon di Waduk Kampung Rambutan 2 Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat.

Kegiatan penanaman 20 pohon Tabebuya secara simbolis itu merupakan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk.

"Hari ini SBI dengan Indocement turut serta menghijaukan Jakarta," ujarnya.

Dia pun mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam melestarikan lingkungan di Jakarta.

"Keterlibatan aktif keduanya dalam mengatasi permasalahan sampah dan mendukung program penghijauan melalui penanaman pohon merupakan contoh nyata komitmen mereka terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Menurut dia, jumlah pohon yang ditanam di waduk seluas 1,25 hektare itu sebanyak 240 pohon.

Heru menuturkan keberadaan Waduk Kampung Rambutan 2 untuk mengendalikan debit aliran Kali Cipinang.

Selain itu, untuk menambah area resapan air dan sebagai cadangan air pada saat musim kemarau.

"Waduk ini salah satu dari 12 waduk yang ada di Jakarta Timur sebagai pengendali banjir. Waduk ini pengendali debit aliran Kali Cipinang. Juga terdapat instalasi pengolahan air limbah atau IPAL di dekat lokasi sehingga air masuk ke waduk sudah jernih dan bersih," kata Heru.

Baca juga: Velozity tanam 300 bibit pohon dalam rangkaian hari jadi yang ke-10

Baca juga: Dandim Lombok Tengah tanam 1500 pohon cegah pemanasan global