158 petani dan nelayan siap harumkan Inhu di Pekan Nasiinal KTNA di Sumbar

id Rengat,Indragiri Hulu,Petani inhu,Ktna inhu

158 petani dan nelayan siap harumkan Inhu di Pekan Nasiinal KTNA di Sumbar

Bupati Inhu Lepas Keberangkatan Peserta Lomba Pekan Nasional ke Kota Padang (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi melepas keberangkatan peserta lomba Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVII2023 menuju Sumatra Barat (Sumbar), Jumat.

Ada 158 petani asal Inhu sebagai peserta mengikuti acara tersebut selama beberapa hari ke depan.

"Saya berharap petani Inhu berhasil menjadi juara. Namun yang lebih penting adalah jaga kesehatan selama kegiatan berlangsung," kata Bupati Inhu.

Acara lomba pekan nasional itu membutuhkan ketahanan tubuh, sehingga jika kesehatan kurang dijaga secara optimal maka akan berdampak kepada diri peserta dan tidak bisa mengikuti acara dengan baik.

Walaupun peserta yang dikirim telah terseleksi dan mendapatkan bimbingan serta pembinaan yang baik. Sebab, peserta dari daerah lain juga sudah menyiapkan diri menghadapi lomba.

Perlu diingat bahwa perwakilan Inhu ke Kota Padang akan membawa nama baik daerah, maka ikuti lomba secara sportif dan semangat kebersamaan.

Prestasi tertinggi adalah, dimana peserta dapat memberikan contoh yang baik, beretika dan menunjukkan rasa kekompakan.

"Tentu nantinya setelah kembali ke Inhu, diharapkan dapat menerapkan ilmu untuk yang diraih tersebut," ujarnya.

Bupati Rezita juga menyebutkan, tugas dari KTNA sangat penting di daerah, karena sektor pertanian dapat tumbuh dan berkembang atas peran aktif kelompok tani.

Jika memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik maka dapat berkontribusi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui, yang membanggakan adalah, pada 2023 Inhu mengirim peserta terbanyak. Agar dapat lebih membanggakan, peserta yang mewakili daerah dapat berhasil menjadi juara dalam setiap perlombaan yang digelar.