Polda Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan 264 kilogram sabu cair dari WNA

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru, sabu-sabu

Polda Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan 264 kilogram sabu cair dari WNA

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers terkait join investigasi yang berhasil menggagalkan penyeludupan sabu cair 264 kilogram, Rabu (10/5/2023). (ANTARA/Tuyani)

Jambi (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jambi bersama dengan Ditipidnarkoba Bareskrim Polri dan Polda Banten menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu cair seberat 264,7 kilogram dari seorang tersangka warga negara asing.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Jambi, Rabu, mengatakan berdasarkan penyelidikan dan profiling jaringan Internasional ke Lapas, diketahui adanya narkotika jenis sabu cair yang akan dikirim ke Jambi yang akan diterima oleh napi di Gunung Sindur Bogor. Informasi selanjutnya akan ada penjemputan sabu di Banten.

Selanjutnya, tim Ditresnarkoba Polda Jambi dan Bareskrim melakukan pengintaian yang diduga penjemputan sabu dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Pada saat pengintaian didapat informasi dari nelayan bahwa ada WNA yang terdampar di Pulau Tinjil dan banyak anggota Polri berpakaian seni dinas di sepanjang pelabuhan di Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak, Banten, menyebabkan target Polda Jambi dan WNA tersebut melarikan diri.

Selanjutnya, tim Ditresnarkoba Polda Jambi langsung menyewa kapal dan melakukan pengejaran terhadap WNA berinisial NB yang berkewarganegaraan Iran.

Rusdi menjelaskan Selasa (2/5) sekira pukul 04.00 WIB tepat di Wilayah Pelabuhan Tinjil Teluk Banten, Kabupaten Pandeglang, Banten, terdapat satu unit Speedboat serta satu kapal nelayan yang bergerak dari pantai menuju laut.

Pada saat petugas mendekat kapal nelayan tersebut, terdapat satu orang melompat ke laut. Setelah dilakukan penggeledahan di dalam. Kapal nelayan ditemukan lima jerigen sabu cair dengan warga negara asing.

Selanjutnya barang bukti dan pelaku diamankan ke Polda Jambi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dari barang bukti sabu cair sebesar 264,7 kilogram tersebut apabila diproses oleh ahlinya maka dapat menghasilkan 750 kilogram sabu kristal.

Sementara itu jika dihitung nilai ekonomis sabu tersebut maka dari barang bukti 264,7 kg sabu itu senilai Rp344,1 miliar dan Polda Jambi dapat menyelamatkan 1,05 juta jiwa manusia.

Terhadap pelaku, dikenakan pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Baca juga: 8 ribu ekstasi gagal beredar di Pekanbaru

Baca juga: Badan Narkotika Nasional RI musnahkan barang bukti narkoba satu ton